by

ITDC – MGPA Selenggarakaan Mandalika Track Day

MANDALIKA – Sabtu 21 Mei 2022, di Sirkuit Mandalika diselenggarakan Mandalika Track Day. Dalam event ini, komunitas serta pembalap akan diajak untuk mengelilingi Pertamina Mandalika Circuit menggunakan kendaraan khusus. Event ini sendiri terbagi menjadi tiga agenda, yaitu Track Day, Drift Show dan Drift Coach.

Kegiatan ini sebagai upaya turut mendukung perkembangan olahraga otomotif di tanah air, PT Pengembangan Pariwisata Indonesia (Persero)/Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC), BUMN Pengelola Kawasan Ekonomi Khusus (KEK Mandalika)/The Mandalika, Lombok Nusa Tenggara Barat (NTB), bersama Mandalika Grand Prix Association (MGPA) yang merupakan bagian dari ITDC Group.

Menurut Direktur Utama MGPA Priandhi Satria, event yang diselenggarakan ini merupakan salah satu bentuk kontibusi kami dalam memperkenalkan dan turut mendukung perkembangan olahraga otomotif di Indonesia, khususnya NTB. ‘’Selain itu, event ini juga kami gelar dalam meramaikan sirkuit pasca event balap internasional MotoGP Maret 2022 lalu melalui kegiatan otomotif yang fun,.” katanya

Kegiatan Track Day terbagi menjadi dua sesi yakni sesi pagi dan sesi sore. Kedua sesi ini akan diikuti oleh 50 partisipan yang mengendarai 2 mobil balap touring, 25 mobil dan 30 motor. Bagi peserta yang mengikuti kegiatan Track Day diwajibkan untuk membatasi kecepatan maksimal hingga 100 km/jam. “Pembatasan kecepatan ini merupakan bentuk antisipasi kami kepada para pengendara dikarenakan para komunitas belum terbiasa dengan lintasan Pertamina Mandalika Circuit dan bukan pembalap profesional,” ujar Priandhi.

Event juga akan diisi dengan Drift Show yang diikuti oleh 8 drifter profesional serta terbagi menjadi dua sesi, yaitu Single Drift Show dan Tandem Drift Show. Pada sesi Drift Show ini, drifter profesional akan mengendarai 4 kendaraan dan menampilkan tiga hingga lima kali drifting di sejumlah tikungan Sirkuit. Nantinya, di setiap sesi drifting akan mengikutkan satu orang untuk duduk di samping pengemudi.

Priandhi menjelaskan bahwa drifting adalah seni keterampilan teknik mengemudi dengan kecepatan tinggi diimbangi dengan kontrol mobil. Pengemudi harus menguasai teknik menyetir dimana pengemudi akan membuat posisi mobil menjadi miring dan meluncur dari sisi ke sisi pada kecepatan setinggi mungkin. ‘’Dengan event ini, kami berharap masyarakat semakin mengenal jenis olahraga otomotif ini,” ucapnya.

Guna semakin memperkenalkan olahraga drift, pada event ini juga dilaksanakan pelatihan drifting. Pelatihan drifting ini dilaksanakan pada sesi Drift Coach di area paddock. Dalam kegiatan ini, para drifter nasional akan memberikan training mengenai teori drifting kepada 10-15 orang drift star dan rookie untuk mengikuti coaching. Coaching ini juga bertujuan untuk mencari bibit pembalap drifting baru dengan komunitas Indonesian Drift Community.

Untuk itu, MGPA mengundang drifter pro dari Jakarta untuk mengajarkan mengenai dunia drifting kepada talenta-talenta baru drifter. Selain itu, juga mengundang para drifter muda dari Pulau Bali untuk mengenalkan know-hownya. ‘’Kami berharap dengan ajang ini akan membantu munculnya bibit pembalap drifting berbakat baru,” kata Priandhi.

Jumat 20 Mei 2022 akan dilakukan persiapan Mandalika Track Day, berupa loading kendaraan, registrasi ulang peserta, pemasangan sticker pada kendaraan peserta, safety briefing, serta Circuit Track Walk. Kegiatan Circuit Track Walk ini wajib diikuti oleh seluruh partisipan sebelum dinyatakan laik mengikuti Track Day.

Masyarakat yang ingin masuk dan menyaksikan acara ini, dikenai harga tiket yaitu Rp10.000,- per orang, Rp20.000,- untuk motor dan satu pengendara, serta Rp30.000,- untuk mobil dan satu pengendara.  Tiket akan dijual secara on the spot dan dapat dibeli di Ticket Box yang terletak di pintu masuk gerbang biru.

Dharapkan event ini dapat semakin menyemarakkan iklim olahraga otomotif sekaligus menarik banyak penyelenggara untuk menggelar event otomotif di sirkuit kami. Selain itu, berharap event ini semakin mendukung positioning kawasan The Mandalika sebagai destinasi pariwisata sport tourism unggulan di Indonesia. Pada akhirnya mampu meningkatkan kunjungan wisatawan ke kawasan ini,” ujar Priandhi.(*)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed