by

ITDC-MGPA Jelaskan Infrastruktur dan Promosi WSBK 2022

 MANDALIKA – Berbagai persiapan dilakukan dalam menyambut World Superbike Indonesia Round (WSBK) 2022 pada 11-13 November 2022 mendatang. PT Pengembangan Pariwisata Indonesia (Persero) atau Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC), BUMN pengembang dan pengelola Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika atau The Mandalika, Lombok Nusa Tenggara Barat (NTB) dan Mandalika Grand Prix Association (MGPA), sebagai bagian dari ITDC Group, melakukan persiapan dari sisi infrastruktur, traffic management, maupun promosi.

Dari sisi infrastruktur, salah satu yang telah diselesaikan ITDC dan MGPA adalah track improvement, yang dilakukan untuk meningkatkan kualitas lintasan main track sesuai permintaan Federation Internationale de Motocyclisme (FIM).

Direktur Utama MGPA Priandhi Satria mengatakan, “Kegiatan track improvement telah dilakukan seluruhnya pada tanggal 25 Oktober 2022, meliputi pelebaran runoff di 7 tikungan, perubahan kerb biasa menjadi kerb misano sepanjang 250 meter dan serta perbaikan/peningkatan kualitas aspal main track sepanjang 250 meter.  Tim proyek berhasil melakukan percepatan 5 hari lebih cepat dari schedule awal dengan kualitas sesuai yang diminta oleh FIM”.

Selain lintasan sirkuit, ITDC juga tengah melakukan penyiapan fasilitas parkir kawasan berikut jalan penghubungnya.  General Manager The Mandalika Bram Subiandoro mengatakan, saat ini tengah merampungkan penyediaan fasilitas parkir kawasan berikut jalan penghubung dari Roundabout Sunggung menuju area parkir selatan di Kawasan The Mandalika.  ‘’Selain sebagai upaya peningkatan standarisasi sirkuit, pemenuhan fasilitas dan akses ini dilakukan untuk memberikan kenyamanan bagi penonton dan wisatawan.” ujarnya

Penataan fasilitas parkir di area Sirkuit dan Kawasan The Mandalika yang dilakukan meliputi pekerjaan pengerasan area kantong parkir, pemasangan Penerangan Jalan Umum (PJU) dengan solarcell dan sinage penunjuk arah lot parkir. ITDC menyediakan 16.350 lot parkir yang terbagi menjadi 12.207 kantong parkir pada radius 1 Km, terdiri dari 360 lot untuk parkir bus, 6. 588 parkir mobil dan 5.259 parkir sepeda motor. Pada radius 2 Km terdapat 794 lot parkir bus dan radius 3 Km terdiri dari 110 lot parkir bus, 2.791 parkir mobil dan 448 parkir sepeda motor.

Adapun jalan penghubung atau akses dari Roundabout Sunggung menuju area parkir selatan dibangun sepanjang 2,5 Km, terdiri dari 2 jalur kendaraan (1 jalur kendaraan roda empat dan 1 jalur kendaraan roda 2) selebar masing-masing 9 M, yang dilengkapi dengan sidewalk (jalur pejalan kaki) selebar 4 M dan bike lane (jalur khusus sepeda) selebar 2 meter.

Tidak hanya itu, guna memastikan penyelenggaraan event berjalan lancar baik di sisi crowd control dan manajemen lalu lintas, ITDC dan MGPA telah melakukan koordinasi dan kerjasama dengan Polda NTB dan Dinas Perhubungan Provinsi NTB.

Berkaca dari penyelenggaraan WSBK dan MotoGP sebelumnya, crowd control dan manajemen lalu lintas selama event perlu mendapat perhatian khusus. Oleh karena itu, ITDC dan MGPA telah melakukan koordinasi dan kerjasama dengan pihak terkait dalam hal ini Polda NTB dan Dinas Perhubungan Provinsi NTB untuk mekanisme pengaturan crowd control dan manajemen lalu lintas selama event WSBK 2022. Salah satu bentuk antisipasi kita adalah penonton yang telah memiliki tiket akan dibekali infografis rute jalan untuk mengetahui titik kedatangan dan rute menuju tribun penonton di Mandalika Sirkuit,” ucap Bram.

Sementara untuk menarik minat masyarakat untuk menonton WSBK 2022 secara langsung di Pertamina Mandalika Circuit, MGPA menawarkan berbagai program khusus pembelian tiket bagi masyarakat.

Priandhi menjelaskan, MGPA menawarkan berbagai program menarik bagi masyarakat yang ingin menonton secara langsung WSBK di Pertamina Mandalika Circuit, antara lain promo khusus untuk pembelian tiket WSBK 2022 bagi masyarakat Nusa Tenggara Barat (NTB) yang memiliki KTP NTB dengan diskon hingga 50 persen.

Sementara pembelian tiket melalui GO.TIKETAPASAJA.COM untuk mendapatkan diskon special dengan promo beli tiket pakai kode “GAJIANNOK”, pembelian tiket melalui loket.com dengan promo cashback 10 persen bayar pakai Link Aja yang berlaku pada tanggal 25-30 Oktober 2022 dan promo diskon 30 persen untuk pembelian seluruh kategori tiket berlaku 25 Oktober – 13 November 2022,” ujar Priandhi.

Selain itu, melalui aplikasi Xplorin tersedia juga promo tiket bundling dengan paket 4 hari 3 malam 11-14 November 2022 sudah termasuk tiket WSBK di Premium Grandstand J/K (Weekend Pass) dan penginapan 3 malam di hotel, dengan opsi hotel Merrumata-Senggigi, Fave-Mataram, Astoria-Mataram dan DMAX-Praya.

Sebagai informasi, seluruh pembelian tiket WSBK 2022 dapat dilakukan melalui saluran resmi penjualan tiket secara online melalui aplikasi Xplorin dan ticketing partner diantaranya aplikasi Livin’ by Mandiri, Loket, Gotix, Tiket.com, Tokopedia, Shopee, Blibli, tiketapasaja.com, BRImo, BookMyShow.com, Bank NTB Syariah dan travel agent lokal. MGPA juga menyediakan pembelian tiket secara offline melalui ticketing booth yang berlokasi di Red Gate Pertamina Mandalika International Circuit dan Mall Epicentrum Mataram serta mobile ticketing yang berkeliling di area Lombok.(*)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed