by

ITDC Group Siapkan Event Sport Tourism

MANDALIKA – Managing Director The Mandalika Bram Subiandoro menyebutkan bahwa PT Pengembangan Pariwisata Indonesia (Persero) atau Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) Group menjadwalkan sejumlah agenda event berskala internasional akan digelar di The Mandalika antara lain, Shell Eco Marathon, World Superbike, dan World Body Building Championship.

“Kami harap, penyelenggaraan event-event internasional semakin banyak dan meningkat di Indonesia, khususnya di Provinsi Nusa Tenggara Barat, ‘’ katanya.

ITDC Group optimistis penyelengaraan event internasional di Nusa Tenggara Barat (NTB), khususnya The Mandalika, akan meneguhkan NTB sebagai kawasan yang cocok untuk pengembangan sport tourism sekaligus mampu meningkatkan kunjungan wisatawan yang mendorong pemulihan pariwisata pasca pandemi COVID-19 serta memberikan multiplier effect yang luas bagi masyarakat di Indonesia,” ujar Bram.

Sebelumnya, ITDC telah menyelenggarakan World Superbike 2021, MotoGP 2022, Mandalika Track Day 2022, Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Drag Bike.2022, Off road Adventure dan Go skateboarding day 2022. Non balap yang diselenggarakan di Kuta Mandalika adalah lomba lari dan balap sepeda. Sedangkan yang tidak berlangsung di Kawasan Ekonomi Khusus Pariwisata Mandalika yaitu di pantai Malimbu – Senggigi adalah Seri I – Offroad Nation Champion.

Bram Subandiono mengamati event berstandarinternasional Motor Cross Grand Prix (MXGP) di Teluk Saleh, Moyo dan Tambora (SAMOTA) Nusa Tenggara Barat (NTB) pada 24-26 Juni 2022 telah berjalan dengan sukses. “Kami turut senang penyelenggaraan event MXGP Samota pada akhir minggu kemarin telah berjalan sukses,’’ ucapnya.

Ia bersyukur keberhasilan Pemerintah Provinsi NTB, promotor, dan seluruh masyarakat NTB lancar, aman, dan tertib menyelenggarakannya. ‘’Kami yakin penyelenggaraan event MXGP di Samota ini telah menambah pengalaman bagi NTB menjadi tuan rumah serta berpartisipasi pada event-event internasional balap bergengsi.” kata Bram.

ITDC,sebagai BUMN pengembang dan pengelola kawasan pariwisata di Indonesia, meyakini hal ini menjadi salah satu bukti NTB memiliki potensi pengembangan industri sport tourism.

Terselenggaranya MXGP SAMOTA menunjukkan bahwa NTB adalah wilayah dengan kawasan pariwisata yang indah, memiliki kontur yang unik, menarik, dan menantang untuk penyelenggaraan sejumlah eventevent olahraga bergengsi, termasuk olahraga otomotif. Hal ini sejalan dengan penyelenggaraan eventevent internasional yang telah berjalan lainnya di NTB yakni World Superbike dan MotoGP pada 2021 dan 2022 di Pertamina Mandalika Circuit, Lombok.

Penyelenggaraan MXGP di SAMOTA juga diyakini menambah gaung NTB di mata dunia mengenai potensi dan keindahan alam Indonesia. Hal ini ditunjukkan dengan banyaknya jumlah media internasional yang meliput penyelenggaraan event MXGP di SAMOTA.

Bertambahnya event internasional semacam MXGP di NTB ini juga diyakini menjadi salah satu kinerja sukses dari Pemerintah Provinsi NTB yang patut diapresiasi karena dapat mendorong peningkatan minat masyarakat terhadap olahraga otomotif di NTB itu sendiri. Hal ini menunjukkan bahwa masyarakat telah memiliki kesadaran akan potensi-potensi penyelenggaraan event internasional di NTB.(*)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

News Feed