by

ITDC Dan Yayasan Gagah Nurani Didik Calon Pengurus

MANDALIKA – Indonesia Tourism Development Corporation (IITDC) dan Yayasan Gugah Nurani Indonesia imembangun kapasitas pedagang asongan di Kawasan The Mandalika agar menjadi yang kuat dan mandiri

ITDC atau PT Pengembangan Pariwisata Indonesia bekerja sama dengan Yayasan Gugah Nurani Indonesia (GNI), mengadakan program Capacity Building 2023 pada 11-13 Desember 2023 para calon pengurus asosiasi pedagang asongan di kawasan The Mandalika.

Bertempat di VIP Deluxe Pertamina Mandalika International Circuit, kawasan The Mandalika, Lombok Tengah, NTB, kegiatan ini menekankan pentingnya peningkatan kapasitas dalam sektor hospitality destinasi pariwisata, manajemen asosiasi, dan perhatian khusus pada penyusunan kebijakan perlindungan anak di The Mandalika.

General Manager The Mandalika Molin Duwanno menyampaikan, diadakannya kegiatan ini, diharap calon pengurus asosiasi pedagang asongan yang baru terbentuk ini akan menjadi entitas mandiri yang mampu mengelola dan membina pedagang asongan di Kawasan Mandalika.

Seiring dengan itu, diharapkan pula adanya sinergi yang positif antara asosiasi ini dengan pemangku kepentingan lainnya untuk mendukung pengembangan ekonomi lokal dan pariwisata di kawasan ini.”

Selama periode pelatihan, para calon pengurus asosiasi pedagang asongan tidak hanya mendapatkan pengetahuan dan keterampilan yang diperlukan dalam bidangnya, tetapi juga telah berhasil menyusun Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga (AD ART) serta Rencana Kerja Tahun 2024 bagi Asosiasi Pedagang Asongan Mandalika.

Program capacity building ini merupakan program multi years yang berkolaborasi dengan GNI. Tahun depan, program ini akan dilanjutkan kembali dengan tujuan untuk meningkatkan kapasitas asosiasi dalam pengembangan usaha para pedagang asongan. “Program Capacity Building Series ini mencerminkan komitmen bersama untuk memajukan sektor pedagang asongan di kawasan The Mandalika, melibatkan para pedagang secara aktif dalam proses pengambilan keputusan, serta meningkatkan kualitas layanan dan keberlanjutan usaha mereka”.” ujar Molin.(*)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed