by

ITDC Ajak Investor Bangun Kawasan Pariwisata The Mandalika

MANDALIKA – PT Pengembangan Pariwisata Indonesia (Persero)/Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC), BUMN pengembang dan pengelola Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika atau The Mandalika, mengajak investor untuk bersama-sama membangun KEK yang menjadi salah satu Destinasi Pariwisata Super Prioritas (DPSP) tersebut.

Direktur Pengembangan Bisnis ITDC Ema Widiastuti dalam talkshow nasional yang diselenggarakan Kamis 16 Februari 2023, menyampaikan bahwa KEK Mandalika terus menunjukkan kemajuan pengembangan dan siap menawarkan benefit-benefit bagi investor yang masuk untuk bersama membangun kawasan.

Pembangunan dan pengembangan kawasan The Mandalika terus dilakukan oleh ITDC sebagai pengembang kawasan. Saat ini infrastruktur dasar dan sejumlah fasilitas pariwisata telah dan terus dibangun. Kawasan The Mandalika juga mulai menunjukkan peningkatan kunjungan wisatawan sehingga pembangunan hotel, beach club dan fasilitas pariwisata lainnya diperlukan untuk memberikan kemudahan dan kenyamanan bagi pengunjung. ‘’Kami mengajak para investor untuk mengembangkan usahanya di kawasan kami, dimana investor mendapatkan benefit-benefit sebuah Kawasan Ekonomi Khusus, baik insentif fiskal maupun non-fiskal.” kata Ema

Insentif fiskal yang dapat diberikan kepada investor diantaranya pembebasan/pengurangan pajak penghasilan, pengurangan pajak pertambahan nilai, pembebasan bea masuk dan pajak barang mewah serta pengembalian PPN. Sedangkan insentif non-fiskal diantaranya urusan imigrasi, percepatan perizinan dan usaha, peraturan khusus ketenagakerjaan, hak guna bangunan, kepemilikan barang asing di KEK Mandalika serta dukungan infrastruktur terintegrasi dari pemerintah.

Selain itu, salah satu upaya mengembangkan kawasan The Mandalika adalah menciptakan atraksi untuk meningkatkan crowd kunjungan wisatawan ke kawasan. Mandalika International Circuit yang dibangun ITDC sebagai ikon atraksi di The Mandalika, telah sukses menjadi tuan rumah sport event World Super Bike (WSBK) dan MotoGP pada 2021 dan 2022.

Event WSBK dan MotoGP telah sukses menarik perhatian masyarakat Indonesia dan dunia untuk datang dan menyaksikan langsung event di The Mandalika. Selain WSBK dan MotoGP yang akan kembali digelar pada Maret dan Oktober 2023, ITDC juga terus berupaya menyelenggarakan signature event ITDC untuk menambah atraksi baru di kawasan yang dapat menarik kunjungan masyarakat. ‘’Beberapa event yang akan digelar diantaranya adalah International Kite Festival pada bulan Juli 2023 dan Asian Road Race Championship pada Agustus 2023 di Mandalika International Circuit,” ujar Ema.

Tidak hanya Sirkuit Mandalika, The Mandalika juga memiliki Kuta Beach Park, Bazaar Mandalika, dan sejumlah spot dan atraksi alam untuk dikunjungi wisatawan dan dapat dimanfaatkan sebagai venue penyelenggaraan berbagai event dan kegiatan kepariwisataan.

Mulai banyaknya atraksi yang diselenggarakan di The Mandalika telah meningkatkan kunjungan wisatawan dan menimbulkan pergerakan ekonomi. Potensi ini adalah kesempatan bagi investor untuk dapat mengembangkan usahanya di kawasan. Kami terus membuka peluang bagi para investor untuk bersama-sama membangun dan mengembangkan kawasan The Mandalika dan juga kepada para pelaku pariwisata yang menyelenggarakan event di kawasan Mandalika. ‘’Kami berharap The Mandalika dapat terus berkembang dan memberikan dampak positif serta keuntungan bagi semua pihak,” ucap Ema.(*)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed