by

Investasi PLN Untuk Mandalika Lombok Rp 47 Miliar

MANDALIKA – PLN menginvestasikan infrastrukturnya senilai Rp 47 miliar untuk kepentingan penyediaan aliran listrik di Kawasan Ekonomi Khusus Pariwisata Mandalika. Ini meliputi kebutuhan ketersedian aliran listrik Zero Down time atau tanpa kedip untuk kepentingan Pertamina Mandalika International Street Circuit selain untuk kepentingan pit building, tv compund, hotel, medical center, race control, coffe shop.

General Manager PLN Nusa Tenggara Barat Lasiran menjelaskan kesiapan penyediaan aliran listrik tanpa kedip tersebut di Gardu Hubung dalam kawasan sirkuit, Selasa 9 Nopmeber 2021 siang. ”Sistem tanpa kedip ini seperti di kawasan Kuningan dan Istana di Jakarta,” katanya.

Jika mengalami gangguan alitran listrik, sistem tanpa kedip ini disebutkan menggunakan tiga back up diantaranya back up daya listrik selama 30 menit hingga hidupnya genset.  Selama event balap motor dunia ini, PLN mendayagunakan 24 orang staf teknisnya yang bekerja tiga shift sehari.

Untuk kepentingan Mandalika ini, PLN menyiapkan daya listrik sebesar 5,190 MVA yang berasal dari sistem kelistrikan Lombok. Aliran ke sirkuit Mandalika disuplai dari tiga jalur utama listrrik yaitu dua jalur dari Gardu Induk (GI) Kuta Mandalika dan satu jalur dari GI Sengkol.

Dari sisi ketersediaan daya, sistem kelistrikan Lombok saat ini memiliki cadangan daya sebesar 80 MW atau sebesar 30 persen dari beban puncak Lombok.

Menurutnya, aliran listrik tersebut dibangun sepanjang 13.8 kms dari GI Sengkol, yang telah selesai terbangun pada bulan Agustus 2021. Selain itu juga mendatangkan peralatan uninterruptible power supply (UPS), back up genset, unit gardu didatangkan dari Jakarta, Bali dan Nusa Tenggara Timur.(*)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

News Feed