by

Ini Calendar of Event 2021 di Nusa Tenggara Barat

MATARAM – Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) telah  melaunching Calendar of Event 2021, Kamis 10 Desember 2020 kemarin. Ada sembilan kegiatan yang dijadwalkan diselenggarakan mulai tradisi budaya, cinta alam, hingga wisata olahraga termasuk kejuaraan balap motoGP.

Sembilana kegiatan pariwisata di NTB tersebut adalah Festival Pesona Bau Nyale Februari – Maret 2021 (disesuaikan waktunya dengan perhitungan penanggalan Sasak) di pantai Seger Mandalika Lombok Tengah.

Kemudian, Festival Pesona Tambora April 2021 untuk mengenang dua abad enam tahun meletusnya gunung api Tambora di Kabupaten Bima dan Kabupaten Dompu yang menewaskan hingga 71 ribu jiwa penduduk dan musnahnya tiga kerajaan.

Dalam rangkaian Festival Pesona Tambora ini juga dilakukan Festival Lawata di pantai Lawata Bima, Teka Tambora atau kegiatan pendakian gunung Tambora dan Tamobra Chalenge yaitu berupa ultra marathon yang ekstrim sejauh 320 K mulai dari Poto Tano Kabupaten Sumbawa menuju Doro Ncanga Kabupaten Dompu.

Selama bulan Ramadhan, diseleenggarakan Festival Pesona Khazanah Ramdhan April – Mei yang sejak awal diselenggarakan di Kompleks Islamic Center NTB yang menghadirkan imam besar diantaranya dari Mesir, Maroko Jordania yang menjadi imam salat tarawih secara bergiliran di Masjid Hubbul Wathan Islamic Center NTB.

Kemudian juga ada wisata olahraga Iron Man direncanakan 3 Juli 2021, Lombok yang memiliki banyak pantai yang indah dan beberapa spot wisata yang menarik untuk di kunjungi, Iron Man menampilkan perairan laut yang jernih, jalur sepeda yang halus, bergelombang.

Memasuki bulan Agustus 2021 selama sebulan penuh diselenggarakan Bulan Pesona Lombok Sumbawa 2021 Agustus – September 2021 yang terdiri dari Mataram Carnival, . Pekan Pesona Gumi Selaparang di Kabupaten Lombok Timur, Festival Senggigi di Kabupaten Lombok Barat, Gili Tramena Festival di Kabupaten Lombok Utara, dan Festival Moyo di Kabupaten Sumbawa.

Seterusnya hadir kembali balap sepeda internasional L’Etape yang merupakan bagian dari Tour de France, disusul kali pertama hadirnya MotoGP di Indonesia yang berlangsung di sirkuit jalanan di Kawasan Ekonomi Khusus Pariwisata Mandalika di Kabupaten Lombok Tengah, Oktober 2021.

Di Kabupaten Sumbawa Barat, 20 November 2021, dihadirkan Festival Taliwang yang terdiri dari Berapan Kebo (balap kerbau di sawah berlumpur), lintas alam dan kuliner khas Sumbawa Barat.

Puncaknya, menjelang tahun baru, NTB akan menampilkan Accomodation & Tenun Festival Lombok Sumbawa Desember 2021.

Deputi Bidang Pemasaran Regional 1 Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Taufik Hidayat, mengatakan, pariwisata adalah yang paling terdampak Covid-19 karena tak ada pergerakan (traveling) orang.

Melihat berbagai hal yang dilakukan oleh Pemprov NTB untuk berusaha  membangkitkan pariwisata, Taufik Hidayat memberikan apresiasi sekaligus menitipkan pesan agar dilaksanakan event promosi road to MotoGP hingga menjelang gelarannya, serta pemberdayaan UKM lokal yang dimasukkan ke dalam beragam paket wisata.

Pihak kementerian juga bekerjasama dengan beberapa travel agent besar seperti Traveloka dan Blibli yang siap membantu pemasaran secara online di 22 negara.

Sekretaris Daerah Provinsi NTB Lalu Gita Ariadi sewaktu melaunching Calendar of Event 2021, mengatakan, persiapan sarana dan prasarana gelaran MotoGP terus dilakukan sampai dengan final. selain memastikan kondisi keamanan dan ketertiban masyarakat di daerah dalam situasi kondusif,  hal yang tak kalah pentingnya adalah tentang pengendalian pandemi Covid-19. ”Sosialisasi, persiapan lokasi dan penerapan sertifikat CHSE akan mempengaruhi minat wisatawan untuk datang ke MotoGP dan berwisata di NTB,” ujarnya.

Kepala Dinas Pariwisata NTB, Lalu Moh Faozal memastikan MotoGP sebagai event internasional yang akan digelar di Sirkuit Mandalika di Kawasan Ekonomi Khusus Pariwisata Mandalika itu telah dapat dipastikan jadi digelar. ”Sesuai jadwal  musim balapan MotoGP pada 2021,” ucapnya.(*)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed