by

Indosat Hadirkan Kegembiraan Berlimpah Saat Idul Fitri

JAKARTA – President Director and Chief Executive Officer Indosat Ooredoo Hutchison, Vikram Sinha, menyatakan, telah mengoptimalkan jaringan di sejumlah jalur mudik dan lokasi-lokasi prioritas.

Optimalisasi ini juga didukung oleh jangkauan jaringan Indosat yang kian meluas hingga wilayah kecamatan dan desa. ‘’Kami juga menjamin pelanggan dengan ‘Unparalleled Network Services Guaranteed’ bagi seluruh pelanggan,’’ katanya.

Pelanggan dapat menikmati pengalaman yang mengesankan dalam menggunakan layanan Indosat  khususnya dalam mendukung perayaan hari besar keagamaan di mana beroperasi.

Mobilitas arus mudik pada Hari Raya Idulfitri diprediksi mencapai 71,7 persen dari total penduduk Indonesia. Pergerakan massa tersebut diproyeksikan akan turut meningkatkan trafik data Indosat sebesar 17 persen dibandingkan dengan rata-rata trafik harian sepanjang tahun 2024.

Di wilayah Circle Java yang membawahi provinsi Jawa Tengah, Jawa Barat, Jawa Timur, Bali dan Nusa Tenggara diperkirakan terjadi peningkatan trafik data sampai dengan 18 persen.Lonjakan trafik data tersebut didorong oleh peningkatan aktivitas digital masyarakat, mulai dari penggunaan media sosial dan aplikasi pesan singkat seperti TikTok, WhatsApp, YouTube, Facebook, dan Instagram, hingga game online seperti Mobile Legends, FreeFire, Roblox, PUBG, dan Genshin Impact.

Untuk mengantisipasi lonjakan trafik data tersebut, Indosat meningkatkan kapasitas jaringannya sekitar 32 persen lebih besar dibandingkan dengan rata-rata kapasitas harian. Selain itu, kepadatan lalu lintas data pada puncak momentum Lebaran juga diantisipasi dengan penambahan 2.145 sites baru dan 38 mobile BTS (MBTS).

Penambahan ini juga didukung oleh jaringan fiber optik sepanjang lebih dari 51 ribu km dan lebih dari 224 ribu km akses metro fiber optic untuk memperkuat sinyal di lokasi prioritas. Indosat juga melakukan optimalisasi jaringan di sepuluh jalur kereta, 26 jalan tol yang meliputi Trans Jawa, Trans Kalimantan, dan 28 jalan non-tol seperti BanjarmasinMartapura dan Merak-Carita.

Lebih lanjut, Indosat juga melakukan optimalisasi jaringan di 531 titik dan 64 jalur prioritas seperti destinasi wisata, pusat perbelanjaan, alun-alun, masjid, rest area, bandara, terminal, pelabuhan dan stasiun. Sementara di wilayah Bali dan Nusa Tenggara, optimalisasi jaringan diimplementasikan diantaranya di jalur tol Badung – Nusa Dua dan jalur non-tol Denpasar – Nusa Dua, Gilimanuk – Denpasar, Nusa Dua – Uluwatu, Denpasar – Pelabuhan Padangbai, Bandara BIL – Mataram, Bandara BIL – Mandalika, Mataram – Senggigi, dan Pelabuhan Lembar – Mataram. Kesigapan lebih dari dua ribu petugas teknis Indosat di lapangan serta tim Indosat Ooredoo Hutchison Network Operation Center (INOC) bekerja 24 jam untuk memastikan pelanggan dapat berkomunikasi dengan tenang di manapun dan kapan pun. Tidak hanya itu, Indosat juga memastikan kesiapan tim dengan mengaktifkan Command Center 24/7 sejak 7 hingga 13 April 2024, serta Indosat Ooredoo Hutchison Service Operation (ISOC) yang diperkuat oleh sistem berbasis Artificial Intelligence/Machine Learning (AI/ML) dan otomatisasi.

Persiapan ini menegaskan komitmen Indosat dalam meningkatkan kualitas layanan kepada seluruh masyarakat Indonesia. Indosat senantiasa mengapresiasi pelanggan yang memberikan masukan dan saran untuk peningkatan layanannya. Indosat juga telah menyiapkan berbagai saluran untuk mengantisipasi kendala dan tanggap terhadap masukan pelanggan selama periode mudik dan Lebaran, mulai dari website, WhatsApp resmi, akun media sosial, hingga call center 24/7.

Selain memperkuat infrastruktur jaringan jelang Hari Raya Idulfitri, Indosat juga menegaskan komitmennya dalam memberdayakan masyarakat Indonesia melalui pemberdayaan ekonomi lokal, sebagai kelanjutan program Indosat Berkah Ramadan, yang merupakan bagian dari program tanggung jawab sosial perusahaan (Corporate Social Responsibility/CSR) di bawah pilar filantropi. Menggandeng berbagai lapisan pemangku kepentingan, mulai dari karyawan, anak usaha, hingga pelanggan, Indosat telah menyalurkan sebanyak 115 Program ‘Gerobak Berkah’ kepada para penjaga masjid atau musholla (marbot) yang diadakan di 57 lokasi di seluruh Indonesia.

Untuk wilayah Bali dan Nusa Tenggara, Gerobak Berkah disalurkan kepada marbot di Mataram, Lombok Tengah, Lombok Timur, Lombok Utara, Lombok Barat, dan Sumbawa. Program ini memberikan dukungan langsung berupa pemberdayaan usaha ekonomi kecil yang dilakukan oleh para marbot di berbagai lokasi tersebut. Sahdip, marbot asal Kecamatan Pujut, Lombok Tengah mengatakan bersyukur dengan bantuan dari Indosat dan pelangganya, karena dengan program ini saya memperoleh tambahan modal usaha serta fasilitas penunjang usaha. Selain kegiatan sehari-hari sebagai marbot, saya juga bisa membuka usaha baru dan mendapatkan penghasilan tambahan dengan gerobak yang lokasinya berada di area masjid.

“Seluruh upaya menghadirkan kebahagiaan dan keberkahan di momen Ramadan dan Idulfitri ini merupakan bagian dari komitmen mewujudkan tujuan besar Indosat dalam menghubungkan dan memberdayakan seluruh masyarakatIndonesia,” tutup Vikram. SELESAI Tentang Indosat Ooredoo Hutchison Indosat Ooredoo Hutchison (Indosat, IDX: ISAT) memiliki visi untuk menjadi perusahaan telekomunikasi digital yang paling dipilih di Indonesia.

Bersama anak usaha dan afiliasinya, Indosat menghadirkan layanan seluler, solusi TIK, data center, Fiber to the Home (FTTH), layanan pembayaran elektronik, layanan finansial dan layanan digital lainnya. Indosat memiliki tujuan yang lebih besar yaitu memberdayakan Indonesia, dan dengan semangat gotong royong, Indosat ingin menjadi kolaborator utama dalam mewujudkannya serta menciptakan perubahan yang berarti.(*)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed