by

IMI Selenggarakan FIM MiniGP di Sirkuit Mandalika

MATARAM – Di Sirkuit Mandalika, bakal dielenggarakan FIM MiniGP 2022. Ini adalah kegiatan baru yang diselenggarakan IMI Pusat bersama FIM dan Dorna Sport.

Ketua IMI NTB M. Nur Haedin  alias Edo mengatakan ini momentum yang luar biasa bagi masyarakat NTB, terutama para atlet balap motor berbakat NTB. “IMI NTB bertekad mewujudkan mimpi besar akan ada pembelap hebat dari NTB ikut dalam perhelatan dunia se kelas MotoGP, Motto2 dan WSBK,” kata Edo di Mataram, Kamis 2 September 2021 petang.

Untuk itu, IMI NTB menyiapkan pembalap berbakat sejak dini  dan dukungan penuh dari Pemerintah, Pemerintah Provinsi NTB serta Pemkab/Pemkot terhadap pembinaan pembalap berbakat. ”Bahkan harus menyiapkan anggaran sebagai investasi,” ujarnya.

Dibutuhkan dana untuk berlatih, tryout, mengikuti kejuaraan nasional, kejuaraan Asia, tour kejuaraan kelas dunia. Bahkan diberi kesempatan training khusus peningkatan skill untuk menjadi pembalap MotoGP.

Jika pebalap NTB berhasil ke arena MotoGP dan kejuaraan dunia lainnya memberi dampak luar biasa serta mengharumkan nama Indonesia dan NTB di tingkat dunia. “NTB memiliki puluhan atlet berbakat usia dini, remaja yang berprestasi. Kini sedang terus berlatih,” ucapnya.

Mereka sering mengikuti kejuaraan kejuaraan nasional dan ada yang sudah ikut Asia Talent. Saat ini ada beberapa atlet yang mulai mencoba motor sport.

IMI NTB salud dan bangga dengan IMI Pusat dibawah pimpinan Ketua Umum Bambang Soesatyo yang terus berjuangkan membangun sinergi yang kuat dengan FIM dan Dorna Sport agar event event dunia digelar di sirkuit Mandalika.

Mengutip keterangan Ketua Umum Ikatan Motor Indonesia (IMI) Bambang Soesatyo yang sehari-hari Ketua MPR RI, mulai tahun 2022, IMI bersama Fédération Internationale de Motocyclisme (FIM) dan Dorna Sports sebagai penyelenggara MotoGP, akan menyelenggarakan FIM MiniGP Indonesia Series – Road to MotoGP di Mandalika, Lombok NTB. Sebagai ajang pencarian bakat pembalap muda Indonesia untuk bisa berlaga dalam ajang MotoGP.

FIM dan Dorna Sport telah mengenalkan event baru, FIM MiniGP World Series, kejuaraan balap motor dunia yang diikuti pembalap muda usia 10 hingga 14 tahun. Berbagai negara yang ingin berpartisipasi, terlebih dahulu harus menyelenggarakan Series FIM MiniGP di negaranya masing-masing.

Pemenang dari masing-masing negara mengikuti final FIM MiniGP World Series, yang pada tahun 2022 rencananya diselenggarakan di Valencia, Italia. Kejuaraan ini menjadi gerbang pembuka bagi para talenta muda Indonesia menuju pentas bergengsi MotoGP,” ujar Bamsoet dalam konferensi pers persiapan penyelenggaraan MiniGP Indonesia Series – Road to MotoGP, di Jakarta, Kamis (2/9/21).

Bamsoet menjelaskan, selain Indonesia, setidaknya 15 negara dunia juga akan terlibat dalam penyelenggaraan FIM MiniGP World Series 2022. Antara lain Qatar dengan FIM MiniGP Qatar Series, dan Austria dengan FIM MiniGP Austria Series. Sesuai keputusan FIM dan Dorna Sport, para pembalap muda yang berlaga dalam series Mini GP akan balapan menggunakan tipe motor yang sama, Ohvale GP-0 160 Cc, yang memiliki karakter sama dengan gaya balap di MotoGP. Sehingga para pembalap muda Indonesia yang terpilih dalam program Road to Moto GP, tidak asing dalam menggunakan motor yang ada di event MotoGP.

Kejuaraan FIM MiniGP Indonesia Series diselenggarakan minimal sebanyak 5 series di sirkuit berbagai daerah, salah satunya di Sirkuit Internasional Mandalika, di Nusa Tenggara Barat. Teknis penyelenggaraan dan persyaratannya sedang disiapkan oleh IMI. Minimal pada akhir September 2021 sudah bisa diumumkan kepada publik.

Kepala Badan Hubungan Penegakan Hukum, Pertahanan dan Keamanan KADIN Indonesia ini menerangkan, masifnya penyelenggaraan berbagai event kejuaraan internasional seperti MiniGP, MotoGP, World Superbike, dan lain sebagainya, merupakan bagian dari pembinaan para atlet muda bangsa. Menunjukan bahwa Indonesia tidak hanya sekadar membangun fasilitas infrastruktur berupa sirkuit balap dengan berbagai sarana dan prasarananya. Tetapi juga menyiapkan kegiatan pembinaan yang terstruktur, masif, dan sistematis.

Penyelenggaraan FIM MiniGP Indonesia Series merupakan bentuk keseriusan IMI dalam menyelenggarakan pembinaan berjenjang dengan arah yang sangat jelas. Setelah dari FIM MiniGP World Series, para pembalap muda Indonesia bisa lanjut mengikuti berbagai kejuaraan bergengsi seperti Red Bull MotoGP Rookie maupun Asia Talent, Moto3, Moto2, hingga akhirnya bisa ke MotoGP.(*)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed