by

IKA Universitas Mataram Bangun Gedung Siap Tampung Penonton Moto GP

MATARAM – Menjelang event MotoGP 2023, World Super Bike dan Kejuaraan Paralayang Internasional  mendatang, Ikatan Keluarga Alumni Universitas Mataram (IKA Unram) bangun sekretariat dan wisma di dalam lingkungan kampus. Biayanya sebesar Rp 8 miliar, di dalam areal seluas 37 are akan menggunakan dana hibah untuk membangun gedung dua lantai termasuk 80 kamar hotel dan ball room yang mampu menampung 600 orang.

Hal ini agar saat pelaksanaan ajang MotoGP, WSBK dan Kejuaraan Paralayang Internasional 2023 bisa dipergunakan.

Ketua Panitia Pembangunan IKA Unram Rosiady Sayuti yang dosen Unram dan sebelumnya menjabat Sekretaris Daerah (Sekda) Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Barat (Pemprov NTB) mengatakan, pihaknya menargetkan lantai satu pembangunan gedung akan tuntas akhir tahun 2022 ini.

Rosiady Sayuti, mengatakan, pihaknya menargetkan lantai satu pembangunan gedung akan tuntas akhir tahun 2022 ini.  ‘’Hal ini agar saat pelaksanaan ajang MotoGP, WSBK dan Kejuaraan Paralayang Internasional 2023 bisa dipergunakan,’’ ujarnya.

Ketua Umum Pengurus Pusat Ikatan Keluarga Alumni  Baiq Isvi Rupaeda yang sehari-harinya menjabat sebagai ketua DPRD NTB mengatakan pembangunan gedung sekretariat ini merupakan impian sekitar  84.147 orang anggota IKA Unram yang tersebar secara nasional dan bahkan internasional pada berbagai  profesi seperti birokrat, akademisi, politisi, pengusaha dan diplomat. ‘’Ini impian alumni Universitas Mataram (Unram) untuk memiliki gedung sekretariat akhirnya terwujud,’’ kata Isvi Rupaeda sewaktu melakukan ground breaking di lokasi Jalan Pemuda.

Nantinya gedung dua lantai ini, memiliki enam ruangan Sekretariat, 80 kamar standar hotel dan ruangan ballroom dengan kapasitas 500-600  orang yang biasa dipakai oleh masyarakat umum,” ujarnya. Ketua DPRD NTB itu, menyebutkan bahwa alokasi total anggaran yang disiapkan untuk rencana pembangunan gedung dan wisma IKA Unram berjumlah Rp 8 miliar. Namun tahun ini, pembiayaan awal berjumlah Rp 3 miliar.

Isvi Rupaeda menyebutkan gedung dan wisma alumni IKA Unram akan difungsikan untuk peningkatan i skill alumni Unram. “Mohon doanya, gedung wisma ini bisa bermanfaat kedepannya. Inilah kontribusi saya untuk menunaikan janji saat awal menjadi Ketua IKA Unram,” ucap Isvie Rupaeda.

Isvi Rupaeda menyebutkan gedung dan wisma alumni IKA Unram akan difungsikan untuk peningkatan skill alumni Unram. “Mohon doanya, gedung wisma ini bisa bermanfaat kedepannya. Inilah kontribusi saya untuk menunaikan janji saat awal menjadi Ketua IKA Unram,” kata Isvie Rupaeda.

Rektor Unram, Prof Bambang Hari Kusumo, mengaku, bangga dengan kiprah alumni IKA Unram dibawah kepemimpinan Baiq Isvie Rupaeda. Sebab, ini adalah kali pertama sejarah ikatan alumni memiliki gedung sendiri.

Mewakili civitas akademika Unram, Bambang Hari Kusumo sangat bangga, karena ini sejarah pertama bagi Unram. Yakni, para alumni berkontribusi pada almamaternya. ‘’Makanya, kami dukung penuh dengan memberikan aset tanah untuk dijadikan lokasi pembangunannya,” kata dia.

Guru besar Fakultas Pertanian Unram itu, mengatakan, bahwa kiprah alumni perguruan tinggi di luar negeri sudah terjadi sejak lama. Prof Bambang mencontohkan, di negara New Zealand misalnya, beberapa hektar areal disumbangkan oleh para alumni mereka. Bahkan, di sejumlah gedungnya nama-nama alumninya terpampang di sejumlah ruangan dan gedungnya.

“Kalau saya lihat budaya alumni berkontribusi di Universitas New Zealand, adalah budaya baik yang perlu kita tiru. Ini karena jika terukir nama penyumbang alumni dalam setiap gedung dan ruangannya itu, jelas sangat diperlukan karena sejarah akan terukir dengan baik kedepannya,” jelas dia.

Sekda NTB Lalu Gita Ariadi mewakili Gubernur NTB Zulkieflimansyah mengatakan jika alumni sudah berani membuat lubang untuk pembangunan gedung, pembangunannya akan berdiri kokoh sebagai inkubasi bisnis. “Insya Allah, dengan keberanian IKA Unram membangun gedung dan wisma kali ini, maka mau tidak mau pemerintah daerah akan membantu dan menyukseskan pembangunannya,’’ ujarnya.(*)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed