by

Harga Masker Standar Medis Masih Mahal, Pemerintah Perlu Tetapkan HET

MATARAM – Lembaga Kajian Sosial dan Politik Mi6 di Mataram menilai harga masker standar medis untuk mencegah penyebaran covid 19 masih cukup mahal. Rata – rata harga ecerannya 2 ribu per biji. Padahal masker medis tersebut sangat dibutuhkan oleh masyarakat guna mencegah penularan covid 19.

Idealnya harga masker medis 500  – 1000 per pcs. Syukur – syukur Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) bisa memberikan subsidi agar makin murah meriah.

Untuk itu, M16 minta pemerintah pusat dan Pemerintah Provinsi NTB perlu membuat regulasi yang mengatur harga eceran tertinggi harga masker medis agar tidak mahal dan terjangkau oleh masyarakat. ”Khususnya warga miskin,” kata Direktur Mi6, Bambang Mei Finarwanto alias Didu, Rabu 9 Juni 2021 pagi.

Didu mengatakan berdasarkan pantauan Mi6 di beberapa apotik, mini market maupun toserba , harga satuan masker medis yang berisi 5 pcs rentang harganya antara Rp 9,9 ribu – Rp 12 ribu tergantung merk dan jenisnya.  “Padahal efektifitas pemakaian masker medis hanya bisa dipakai beberapa jam , setelah itu tidak efektif lagi sebagai filter pencegah covid 19,” ujar Didu.

Menurutnya, beratnya beban ekonomi masyarakat akibat pandemi Covid 19 ini selayaknya Pemerintah dan Pemda segera bertindak mengatasi harga masker agar masyarakat dapat mematuhi protokol kesehatan dengan benar. “Harga masker yang murah dan terjangkau akan membuat masyarakat nyaman dan makin patuh mentaati protokol kesehatan ,” ucapnya.

Didu menambahkan menjelang dibukanya sekolah tatap muka pada Juli mendatang , maka kebutuhan pemakaian masker standar medis untuk siswa ataupun pelajar akan meningkat sesuai protokol kesehatan . “Itu artinya pengeluaran rumah tangga domestik harian, itemnyapun bertambah yakni ketersediaan adanya masker untuk para siswa/ pelajar tersebut,” katanya.

Beban pengeluaran orang tua siswa akan meningkat pula.  Untuk itu Mi6 menghimbau ditengah upaya pemerintah mengatasi dampak pandemi covid 19 hendaknya pengusaha alat kesehatan memiliki sense of crisis dan empati terhadap permasalahan harga masker medis yang sangat dibutuhkan warga masyarakat untuk body protektor dari covid 19.(*)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed