by

Gubernur NTB : Sumbawa Bisa Menjadi Pusat Motor Trail Indonesia

SAMOTA  SUMBAWA BESAR – Adanya Sirkuit Samota di Kabupaten Sumbawa dapat menjadikan pulau Sumbawa sebagai pusat Motor Trail di Indonesia. Gubernur Nusa Tenggara Barat (NTB) Zulkieflimansyah mengatakannya saat membuka kegiatan Cross Country Samota 2022, di Sirkuit Samota, Sumbawa, Ahad 17 Juli 2022.

Cross Country Samota 2022 dirangkai dengan beberapa kegiatan diantaranya Funbike, Trabas Lintas Samota hingga Parade Vespa. Terdapat juga pembagian doorprize dengan berbagai macam hadiah yang menarik.

Koordinator Lapangan Cross Country Samota 2022, Jamaluddin, mengatakan dengan hanya persiapan satu minggu, lebih dari seribu peserta turut serta dalam ketiga kegiatan tersebut. “Persiapan kami minim, namun kami bisa menghadirkan hingga ribuan peserta dan mereka sangat antusias dengan keberadaan event ini,” kata Jamaluddin.

Zulkieflimansyah menyebutkan adanya Sirkuit Samota, meyakini Sumbawa akan menjadi pusat motor trail di Indonesia. Dengan begitu, nantinya masyarakat NTB harus bisa memproduksi segala macam aksesoris yang berkitan dengan motor trail.

Menurutnya, menumbuhkan ekonomi kreatif bisa dimulai dari produksi baju, celana, sepatu trail hingga nanti jauh kedepan masyarakat NTB dapat memproduksi motor trail sendiri. ‘’Tentu hal ini berdampak positif bagi ekonomi di daerah Sumbawa” ujarnya.

Lanjutnya ia berharap kepada Pemerintah Kabupaten Sumbawa dan stakeholder terikait, agar sirkuit ini tak hanya dijaga tetapi dimanfaatkan dengan semaksimal mungkin. Selain dijaga dan ditumbuhi pepohonan, Zulkieflimansyah menghendaki agar Pemerintah Kabupaten Sumbawa dapat menjadikan tempat ini menjadi tempat wisata bagi masyarakat Sumbawa bahkan nasional hingga internasional,” ucapnya.

Bupati Sumbawa Mahmud Abdullah, menyatakan kesiapannya untuk menjaga sekaligus memanfaatkan sirkuit Samota. “Kami siap menjaga dan memanfaatkannya, kami juga merasakan dampak positif dari kehadiran sirkuit ini dari event MXGP kemarin,” katanya.(*)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed