by

Gubernur NTB Sedang Bicarakan Ticket MotoGP Untuk Warga

MATARAM – Gubernur Nusa Tenggara Barat (NTB) Zulkieflimansyah mengatakan sedang bicarakan masalah diskon menonton balap MotoGP dengan penyelenggara Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) group.

Ditemui seusai menghadiri kegiatan Literasi Keuangan dan Pelatihan Jurnalistik Forum Wartawan Ekonomi dan Bisnis NTB, Sabtu 26 Februari 2022 pagi mengatakan sedang mengkomunikasikandengan ITDC. ”Ini menyangkut tekanan akomodasi. Kalau ada penonton lokal, akan sedikit berkurang kebutuhan akomodasi,” katanya

Oleh karenanya ia mensyukuri seandainya ada diberikan jatah gratis warga NTB. Kalaupun tidak gratis sama sekali, warga NTB dirasakan mampu membayar Rp 100 ribu – Rp 200 ribu. ”Harga segitu masih bisa beli. Sedang dibicarakan,” ujarnya.

Mengenai penyelenggaraan MXGP di pulau Sumbawa, sedang dikaji. ”Alam Tambora itu menantang betu.Kalau ada atraksi akan ramai,” ucapnya.

Jika MXGP diselenggarakan di pulau Sumbawa, mengingat banyaknya komunitas motor di NTB disebutkan akan ada kegiatan perjalanan overland.

Sebelumnya, dalam rangka mensukseskan gelaran MotoGP pada bulan Maret mendatang, Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) akan memfasilitasi pembelian tiket MotoGP secara kolektif bagi masyarakat yang ber-KTP NTB.

Staf Ahli Gubernur Bidang Ekonomi, Keuangan, Infrastruktur dan Pembangunan Sadimin  mengatakan bahwa dalam rangka menyukseskan MotoGP di Sirkuit Mandalika 18 – 20 Maret, ‘’Pemerintah Provinsi NTB memfasilitasi pembelian tiket kepada masyarakat ber-KTP NTB dengan harga diskon 10 persen,” kata Sadimin.

Dalam hal ini, pemerintah daerah akan memfasilitasi pembelian tiket langsung ke pihak Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC).

Berdasarkan Surat Edaran Sekretaris Daerah Nomor 005/001/SAG/UM/2022, seluruh perangkat daerah diminta dapat memfasilitasi pembelian Tiket MotoGP kepada masyarakat yang ber-KTP NTB secara kolektif agar masyarakat yang ingin menonton perhelatan MotoGP dapat terfasilitasi dengan baik. “Melalui Surat Edaran Sekda, Dinas-dinas Provinsi dan Setda Kab/Kota se-NTB dihimbau untuk fasilitasi pembelian tiket MotoGP secara kolektif untuk masyarakat NTB,” ujar Sadimin.

Ia juga mencontohkan, harga tiket untuk festival pada hari pertama bisa dibeli dengan harga Rp100.000 dari harga tiket semula, yakni Rp115.000. Sadimin menjelaskan bahwa pihaknya hanya memfasilitasi pembelian dan tidak mencari untung. “Sebagai contoh, untuk tiket festival harganya Rp 115 ribu, kemudian setelah difasilitasi harganya menjadi Rp 100 ribu,” ucapnya.

Sebagai informasi, pemesanan dilakukan secara berkelompok/kolektif melalui perangkat daerah dengan syarat usia pemesan tiket MotoGP di atas 12 tahun. Setelah pemesanan disampaikan melalui perwakilan Perangkat Daerah dengan pengisian TDR, akan dilakukan validasi oleh Fasilitator Provinsi dan Devisi Tiket ITDC (Xplorin) untuk mengecek ketersediaan tiket di Xplorin. Kemudian setelah seluruh data dinyatakan lengkap dan tiket tersedia, akan diterbitkan invoice sebagai dasar melakukan pembayaran transfer bank pada rekening yang tertera pada invoice.(*)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

News Feed