by

Gubernur NTB Bawa AirAwet Muda dan Tanah Tambora Ke IKN

MATARAM – Gubernur Nusa Tenggara Barat (NTB) Zulkieflimansyah membawa air Rinjani dan Tanaha Tambora ke ibukota negara (IKN) Nusantara di Sepaku, Penajam Paser Utara pada 14 Maret 2022.

Dibawanya air yang dikenal di Lombok sebagai air awet muda berasal dari Taman Narmada Kabupaten Lombok Barat yang berasal dari aliran gunung Rinjani yang terasa segar sewaktu dibasuhkan ke muka. Sedangkan tanah gunung Tambora di pulau Sumbawa diambil mengingat memiliki riwayat letusannya menggemparkan dunia tahun 1815 dan mengakibatkan kekalahan Napoleon Bonaparte akibat cuaca gelap di Eropah dan tidak ada suplai makanan.  Di kaki gunung Tamboran sendiri melenyapkan empat kerajaan dan menewaskan ribuan warga.

Sesuai dengan pesan Presiden Joko Widodo yang mengundang para Gubernur se-Indonesia dan berpesan untuk membawa tanah serta air dari masing-masing wilayah. Tanah dan air yang dibawa harus diambil dari lokasi yang tentunya sesuai dengan kearifan lokal dan budaya provinsi tersebut.

“Kami membawa tanah dari Tambora yang punya sejarah besar, sedangkan air yang kami bawa dari Narmada akan membuat awet muda,” kata Zulkieflimansyah sebelum berangkat Ahad, 13 Maret 2022.

Tanah dan air yang dibawa Zulkieflimansyah digabung di dalam sebuah wadah kendi. Para Gubernur kemudiam menyerahkan kepada Presiden.

Presiden Jokowi yang akan menuangkan ke dalam kendi yang sudah disiapkan. Digabungkannya tanah dan air dari seluruh Indonesia memiliki makna tanah dan air berkaitan dengan Nusantara, yang mana dari ujung Aceh sampai Papua memiliki kearifan lokal berbeda-beda.

Kedatangan Presiden Jokowi sendiri ke IKN Nusantara berkemah di kawasan tersebut. Ia akan kemah bersama Gubernur Kalimantan Timur Isran Noor; Gubernur Kalimantan Barat Sutarmidji; Gubernur Kalimantan Selatan Sahbirin Noor; Gubernur Kalimantan Tengah, Sugianto Sabran; dan Gubernur Kalimantan Utara, Zainal Arifin Paliwang.(*)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

News Feed