by

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo di RM Ayam Taliwang Haji Moerad

MATARAM – Rumah Makan Ayam Taliwang H Moerad di Jalan Pelikan Mataram, krdatangan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, Ahad 21 Nopember 2021 pagi tadi, pukul 9 Waktu Indonesia Tengah.

Di Mataram, GP demikian panggilannya, dalam rangkaian kunjungannya ke Lombok untuk menonton pagelaran akbar World Superbike di Mandalika.

Seperti kunjungan sebelumnya, ia berkesempatan untuk menikmati kuliner khas Lombok ayam taliwang

Mas GP  langsung disambut oleh pemiliknya, Taufan Rahmadi, 47 tahun, cucu dari H. Ahmad Moerad dan Hj Salmah Moerad yang merupakan pencipta masakan ayam Taliwang yang kesohor itu.

” Disetiap kali saya ke lombok saya selalu menikmati ayam Taliwang , pagi ini coba lihat dua ekor ayam pelecingan Taliwang tanpa sisa , mantap pol,” ujar Mas GP seperti dikutip Taufan Rahmadi atau panggilannya Ofan kepada Tempo.

Seperti yang di jelaskan oleh Taufan Rahmadi, pemilik Rumah Makan Ayam Taliwang H Moerad bahwa neneknya Hj Salmah Moerad menciptakan ayam Taliwang ini di tahun 1967 dengan niatan selain tentunya bisnis juga yang paling utama adalah mencari sahabat.

Ganjar Pranowo disaat menikmati kelezatan ayam pelecingan Taliwang ini juga mendapat penjelasan bahwa ayam yang dipergunakan adalah ayam pilihan dengan usia 3 bulan.

Salah satu pesan Mas GP di akhir dialognya adalah bahwa keberadaan sirkuit Mandalika dengan event WSBK nya dan tahun depan MotoGP telah mampu memberikan dampak yang sangat signifikan terhadap kebangkitan pariwisata di Nusa Tenggara Barat (NTB) dan nasional, masyarakat NTB patut berbangga dan bersyukur akan hal ini.

Ayam Taliwang terdiri atas 3 jenis , ayam goreng , ayam bakar dan ayam pelecingan (pedas)

Ayam Taliwang di dalam penyajiannya memiliki bumbu khas yang dinamakan bumbu pelalah  di pasangkan dengan pelecing kangkung dan beberuk yaitu terong cacah yang dicampur dengan sambal tomat.(*)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

News Feed