by

Ground Water Tank di The Mandalika

MANDALIKA – Progres pembangunan Ground Water Tank (GWT) di The Mandalika yang dikelola oleh PT Pengembangan Pariwisata Indonesia (Persero)/Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC), perusahaan pengembang dan pengelola kawasan pariwisata di Indonesia member InJourney Group, terus berjalan. Pembangunan dimulai sejak bulan September 2021 dan ditargetkan selesai pada bulan Juni 2023 mendatang.

Pembangunan GWT terbagi di dua lokasi yaitu barat dan timur. Perkembangan pembangunan di timur GWT saat ini telah mencapai 45 persen, terdiri dari tiga silo atau tangki penyimpanan air, masing-masing dengan diameter 30m, tinggi 11m dengan kapasitas atau daya tampung mencapai 8.000 m3 untuk setiap silonya. Target pembangunan tahun ini, adalah merampungkan dua silo, yang masih harus dibangun sekitar 50 m3 pekerjaan concrete beton segment wall stage dan 396 m3 top slab.  Sedangkan pembangunan East GWT telah mencapai 35 persen, yang terdiri atas tiga silo dengan diameter 30 m, tinggi 10 m, dengan kapasitas masing-masing silo sebesar 7.000 m3.  Dari rencana 3 silo yang dibangun tahun ini akan diselesaikan satu silo, meliputi pekerjaan 88 m3 beton wall stage dan 369 m3 top slab.

General Manager The Mandalika Molin Duwanno mengatakan, pembangunan GWT melengkapi fasilitas pendukung kawasan untuk penampungan air bersih. ‘’Yang akan distribusikan kepada tenant dan digunakan di dalam kawasan Mandalika,’’ katanya.

Pembangunan GWT, yang menjadi bagian dari pekerjaan paket MUTIP I.  MUTIP adalah program pembangunan infrastruktur di kawasan The Mandalika yang dibiayai sepenuhnya oleh Asian Infrastructure Investment Bank (AIIB) dan merupakan pembiayaan pertama secara standalone/mandiri yang dilakukan AIIB di Indonesia dan secara global merupakan pembiayaan pertama AIIB bagi kegiatan pembangunan infrastruktur pariwisata. Pembangunan GWT dilakukan oleh Join Operation (JO) PP-WIKA-Bunga Raya Lestari (BRL).

Ia memastikan pembangunan berjalan sesuai dengan perencanaan, baik dari sisi spesifikasi fisik, keamanan bangunan, maupun timeline penyelesaian. ‘’Dengan pembangunan GWT ini dapat meningkatkan keberlanjutan distribusi air bersih di kawasan The Mandalika,” ujar Molin.(*)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed