by

Gratis Rapid Test Untuk Wisatawan

MATARAM – Komitmen Kepala Dinas Pariwisata NTB, Yusron Hadi, memberi rapid antigen gratis ke wisatawan segera terwujud. Uji coba gratis antigen bagi wisatawan yang akan berwisata ke Lombok Sumbawa siap diujicobakan. Ujicoba ini akan dilakukan selama Pemberlakuan Penerapan Kegiatan Masyarakat (PPKM) berskala mikro secara darurat di Jawa-Bali. Bekerja sama dengan pihak Dinas Kesehatan NTB, pemerintah daerah telah menetapkan dua lokasi tempat melakukan rapid antigen gratis ini.

Terkait penerapan PPKM Darurat Jawa-Bali, menurut Yusron Hadi, akan berpengaruh terhadap tingkat kunjungan wisatawan ke Lombok Sumbawa. Mengantisipasi dampak penerapan PPKM Darurat Jawa-Bali, Yusron menawarkan kemudahan bagi wisatawan agar tetap bisa berwisata di tengah pandemi. Terlebih saat kondisi lonjakan kasus di tanah air kian meningkat.

“Sudah ada regulasi yang dikeluarkan pemerintah daerah NTB terkait prosedur penerapan protokol kesehatan. Kami juga memberi kemudahan bagi wisatawan nusantara agar tetap nyaman, aman dan tidak sulit jika ingin berwisata ke Lombok Sumbawa. Salah satunya dengan memberi rapid antigen gratis. Cuma untuk wisatawan asing tetap harua melalui prosedur swab PCR,” kata Yusron.

Data sementara penyebaran kasus covid-19 di NTB akhir-akhir ini cenderung melandai. Kondisi ini sangat mendukung NTB tetap membuka destinasi wisatanya. Khususnya di beberapa kawasan yang dinyatakan zona hijau. Diantara destinasi yang cukup aman dan ramah pandemi misalnya kawasan tiga Gili, Mandalika dan Sembalun. “Seiring waktu berjalan dan sambil kita percepat CHSE dan vaksin, nanti semakin banyak obyek wisata yang bisa kita buka. Kami juga menyiapkan dua destinasi di pulau Sumbawa yaitu pulau Moyo dan Gunung Tambora,” ujar Yusron.

Untuk mendapatkan rapid antigen gratis, wisatawan bisa mengunjungi dua lokasi ini. Pertama, Balai Laboratorium Kesehatan Provinsi NTB di Jalan Catur Warga No.9 Mataram. Kedua, Ruang Graha Mandalika RSUD Privinsi NTB di Jalan Prabu Rangkasari Dasan Cermen-Mataram. Ke depan, tempat-tempat rapid antigen akan diperluas jika peningkatan kunjungan wisatawan cukup signifikan. Beberapa pihak bahkan menyatakan siap mendukung kegiatan pariwisata NTB dengan menyiapkan tenda darurat rapid antigen.

Selain lima obyek wisata yang dinilai cukup aman dikunjungi, Yusron juga menyampaikan Kota Mataram masuk dalam kawasan zona hijau. Untuk bisa berwisata ke Lombok Sumbawa wisatawan cukup melakukan rapid antigen saja. “Meski demikian pengawasan dan pengecekan surat keterangan (suket) kita perketat di pintu-pintu masuk Lombok. Ini kami lakukan untuk mengantisipasi kemungkinan penumpang atau orang yang menggunakan suket palsu,” ucap Yusron.

Untuk bisa mendapatkan rapid antigen gratis, wisatawan harus mengikuti alur rapid antigen gratis yang disiapkan pemerintah NTB. Pertama, wisatawan harua menyerahkan invoice asli menginap di hotel atau tempat penginapan di Lombok Sumbawa. Selanjutnya, petugas menyimpan invoice, kemudian tindakan swab antigen lalu menerima hasilnya sekitar rentang waktu 30 menit. Selanjutnya wisatawan dapat melanjutkan perjalanan menuju bandara. Sebelum terbang, pelancong diminta menunjukkan tanda swab antigen dan vaksin.(*)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed