by

Grab dan KemenkopUKM Dukung UMKM NTB Mendunia di Sirkuit Mandalika

MATARAM – Grab bersinergi dengan Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah Republik Indonesia serta Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Nusa Tenggara Barat (DisKop UKM NTB) untuk menyelenggarakan Festival Kuliner Mandalika yang berlangsung di ajang internasional Sirkuit Mandalika pada 18-20 Maret 2022. Festival ini bertujuan untuk meningkatkan visibilitas produk makanan dan minuman dari 45 UMKM binaan Diskop UKM dan mitra merchant GrabFood di ajang dunia.

Menteri Koperasi dan Usaha Kecil Menengah Republik Indonesia, Teten Masduki, mengungkapkan apresiasinya kepada Grab atas dukungannya di Festival Kuliner Mandalika, “Merupakan sebuah kebanggaan bagi kita, masyarakat Indonesia, untuk menyelenggarakan Pameran Produk UMKM Lokal Unggulan dan Festival Kuliner Mandalika di acara bertaraf internasional di Sirkuit Mandalika.

Melalui festival ini, kita bisa memperkenalkan ke dunia internasional beragam produk unggulan, seperti merchandise, souvenir, healthy product, serta food and beverages, dari industri UMKM di NTB. ​​Semoga kolaborasi bersama Grab ini dapat kembali menggerakkan roda perekonomian lokal untuk tumbuh dan kembali bangkit.”

Kehadiran Grab telah mendorong geliat ekonomi dan melahirkan wirausahawan baru di sejumlah wilayah di Indonesia, termasuk di wilayah Indonesia Timur. Hasil riset LPEM FEB UI pada 2021 lalu menemukan bahwa 30% dari merchant GrabFood di Kupang dan Jayapura antara 2019-2021 merupakan usaha baru, yang memperlihatkan bahwa Grab telah membantu mencetak ratusan pengusaha UMKM baru di kedua kota tersebut.

President of Grab Indonesia, Ridzki Kramadibrata, menyampaikan, “Grab merasa terhormat dapat bekerja sama dengan Kementerian Koperasi dan UKM dalam membantu UMKM di NTB memperkenalkan kuliner khas ke pengunjung internasional yang hadir di Sirkuit Mandalika. Grab percaya penuh pada potensi besar UMKM di NTB dalam meraih hati konsumen dunia.

Sebab itu, ingin semakin meningkatkan akses pasar UMKM di NTB dengan menggabungkan mereka ke dalam ekosistem teknologi Grab yang terhubung dengan konsumen luas. Hal ini sejalan dengan misi GrabForGood, dimana kami menggunakan teknologi Grab untuk menghadirkan kebaikan, termasuk membuka peluang penghasilan, bagi mitra dan konsumen Grab. Kami #Percaya bahwa kolaborasi antara Kementerian Koperasi dan UKM serta Grab akan semakin menguatkan industri UMKM di NTB, yang menjadi kunci bagi pertumbuhan ekonomi daerah dan nasional.”

Pengusaha UMKM kuliner merasa terbantu dengan adanya festival ini. Salah satu mitra merchant GrabFood yang bergabung dalam Festival Kuliner Mandalika, Pemilik Usaha Kuliner J Mie Pedesss Dahsyat, Pradipta Surya Tamada Hashimoto mengatakan, “Mewakili UMKM yang terlibat, saya mengucapkan terima kasih kepada Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah Republik Indonesia, Pemerintah Provinsi NTB serta Grab Indonesia yang telah memfasilitasi kami dalam Festival Kuliner Mandalika. Festival ini menjadi kesempatan besar bagi UKM lokal agar semakin dikenal tidak hanya di Indonesia tapi juga konsumen internasional.”(*)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

News Feed