by

Geopark Tambora Kerja Sama dengan Agen Wisata Turki

MATARAM – Tepat di penghujung tahun 2021, Dewan Pelaksana Geopark Tambora-SAMOTA Biosphere Reserve Pulau Sumbawa, Nusa Tenggara Barat (NTB) melakukan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) dengan dua lembaga sekaligus di Turki. Yakni lembaga Entur Egitim Turizm ve Dis Ticaret Limited Sirketi (Entur Global) dan Al-Fatih International Student Center (ISC).

Mengambil tempat di Aksemsettin Mah. Kocasinan Cad. No. 41 D.5 Fatih Istanbul, Turki. Kamis 30 Desember 2021.

“Alhamdulillah. Hari ini, telah kami tanda tangani MoU dengan dua lembaga resmi yang ada di Turki, ” katanya melalui keterangan pers, Sabtu 1 Januari 2022 pagi.

Acaranya berlangsung pukul 20.00 waktu Istanbul, Turki atau pukul 01.00 Wita hari Jum’at, 31 Desember 2021. Diharapkan MoU tersebut menjadi berkah dan energi baik. ” Untuk kemajuan Geopark Tambora, masyarakat Pulau Sumbawa dan NTB kedepannya,” ujar General Manager DP Geopark Tambora-SAMOTA Biosphere Reserve, Hadi Santoso.

Menurut Hadi, dua lembaga tersebut sengaja di pilih setelah mempertimbangkan berbagai aspek. Baik dari posisi strategis Negara Turki yang ada di dua benua sekaligus (Asia & Eropa), komposisi tim di lembaga tersebut yang mengintegrasikan orang Turki dan Indonesia secara proporsional, networking yang dimiliki, legalitas, serta compony profile dari lembaga Entur Global dan ISC.

Menurutnya, pengelolaan Geopark Tambora sesuai regulasi terdiri dari tiga pilar. Yakni konservasi, edukasi dan pembangunan perekonomian masyarakat secara berkelanjutan. MoU dengan Endur Global yang fokus tour-travel dan ekspor-Impor antar Negara, merupakan iktiar untuk membuka pangsa wisatawan Turki dan negara Arab/Eropa lainnya ke wilayah Tambora/SAMOTA. Termasuk, membuka pasar ekspor untuk geoproduk (produk berbasis alam) ke luar negeri. Sedangkan, MoU dengan ISC dilakukan untuk pengembangan pendidikan.

Sementara itu, chairman Entur Global, Ali Cetin, menjelaskan bahwa lembaga yang dipimpinnya telah memiliki seluruh legalitas operasional yang disyaratkan oleh Negara Turki. Termasuk telah menjadi anggota resmi MUSIAD yang merupakan lembaga resmi persatuan pedagang di Turki.

Direktur ISC, Heri Kurniawan, yang didampingi Sekretarisnya, Gilang Ramdani mengemukakan optimisme pihaknya dalam berkolaborasi dan bersinergi dengan Dewan Pelaksana Geopark Tambora-SAMOTA Biosphere Reserve Pulau Sumbawa, NTB dalam memajukan dunia pendidikan Turki dan NTB.

“ISC insya Allah siap memjadi mitra yang saling memberikan kebaikan untuk kedua lembaga dalam pengembangan bidang pendidikan di dua wilayah,” ucapnya.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed