by

Gempa Bumi Selepas Subuh di Mataram

MATARAM – Gempa bumi berkekuatan menggetarkan di Mataram. Penduduk Kelurahan Dasan Agung yang belum bangun dari tidurnya, terbangun kaget. Diawali dengan suara deru pelan hentakan getarannya terasa mengejutkan.

Mahyam, 65 tahun, mengatakan masih di tempat tidur ketika getaran gempa tersebut. ‘’Saya kaget karena sudah lama tidak mengalami gempa besar,’’ katanya. Bersama anak dan keponakannya keluar dari rumah duduk di teras rumah di pinggir jalan menjaga kemungkinan datangnya gempa susulan.

Seorang waarga lainnya, Eka yang juga keluar rumah mengatakan getaran gempanya bukan bergoyang ke kiri kanan tetapi turun naik. ‘’Bukan bergoyang tapi bergetar turun naik,’’ ujarnya sambil memperagakan tangannya seperti getarannya yang naik turun.

Berdasarkan data Stasiun Geofisika Mataram, kekuatannya Mag :4.6, 25-Jan-22 04:14:14 WIB, Lok:8.78 LS,116.14 BT atau sekitar 10 kilometer tenggara Lombok Barat. Di kedalaman 10 kilometer.

Lombok pernah digoyang gempa selama sebulan penuh 29 Juli – 19 Agustus 2018. Kekuatannya cukup besar hingga Mag 6,4 dan mengakibatkan ratusan rumah rusak dan ratusan penduduk menjadi korban meninggal maupun luka-lauka. Sampai hari ini, 25 Januari 2022 masih banyak rumah penduduk yang belum selesai diperbaiki karena terhambat pencairan dana bantuan pemerintah.(*)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

News Feed