by

Final Round Pertamina Enduro Mandalika Racing Series 2023

 MANDALIKA – Kejuaraan Nasional Balap Motor Sportbike bertajuk Pertamina Enduro Mandalika Racing Series 2923 memasuki putaran akhir pada 28-29 Oktober 2023. Ronde pamungkas ini dipastikan menghadirkan persaingan sengit untuk memunculkan tiga Juara Nasional Balap Motor Sportbike di kelas Sport 150, Sport 250 dan Supersport 600.

Sebanyak 54 starter dipastikan mengikuti enam kelas yang dipertandingkan yakni tiga Kejurnas Sport 150, Sport 250 serta Supersport 600, ditambah supporting race kelas Underbone 150 U-20, Supersport 600 juga Superbike 1000 community. Kejurnas yang dipentaskan oleh PRIDE Club bekerjasama dengan MGPA dan IMI ini mendapat dukungan dari Pertamina Enduro, Kementrian Pariwisata & Ekonomi Kreatif, Pirelli, Yamaha, Honda, LFN, YSS, Cargloss Helmet dan Hydro Coco.

Gelaran Kejurnas Pertamina Enduro Mandalika Racing Series terus mendapat pengembangan dari sisi penyenggaraan. Memenuhi keinginan para penggemar balap motor di Tanah Air untuk  menyaksikan aksi para pembalap merebut podium, PRIDE Club menyajikan tayangan live streaming di kanal Youtube Mandalika Racing Series. Selain itu, dalam rangka mendorong ekonomi masyarakat Lombok dan sekitarnya, para pelaku UMKM ikut dihadirkan di sekitar area paddock dan tribun penonton.

Sementara dari sisi peserta, nama baru yang muncul di Final Round Pertamina Enduro Mandalika Racing Series 2023 antara lain Andi Farid Iztihar atau Andi Gilang (Astra Motor Racing Team – Yogyakarta) serta Aldi Satya Mahendra (Yamaha Akai Jaya). Keduanya akan menjadi pesaing bagi pemimpin klasemen sementara Rheza Danica Ahrens (Astra Honda Racing Team) termasuk Galang Hendra Pratama (Yamaha Akai Jaya) dan AM Fadly (Yamaha Global).

Rheza Danica merupakan kandidat kuat Juara Nasional kelas bergengsi Sport 250 dengan  raihan 100 poin. Sementara posisi kedua yang ditempati Veda Ega Pratama dan Reykat Yusuf Fadillah yang sama-sama mengumpulkan poin 60 terpaksa absen karena harus mengikuti Asia Talent Cup di Thailand. Untuk itu, perebutan di posisi kedua akan lebih seru untuk disimak

Sementara yang bakal panas adalah perebutan juara umum di kelas Sport 150, di mana Gupita Kresna (Yamaha Ziear) dengan 40 akan bersaing dengan Afif Husni rekan setimnya (38 poin). Di kelas Sport 150 ini juga bakal diikuti Andi Gilang, Aldi Satya Mahendra, Arai Agaska, Rey Ratukore, nama-nama yang punya peluang besar untuk bisa mencapai garis finis terdepan.

Menurut Direktur Utama MGPA, Priandhi Satria, Kejurnas Pertamina Enduro Mandalika Racing Series putaran final ini mendapat respons positif dari kalangan pecinta balap motor di Indonesia selama tiga putaran tahun ini. “Turunnya top rider Indonesia yangbiasanya bertarung di kejuaraan internasional untuk kali ini seperti Andi Gilang dan Aldi Satya Mahendra menunjukan bahwa MRS merupakan kejuaraan penting dan bergengsi untuk diikuti. Tentunya untuk putaran terakhir ini kita akan memunculkan Juara Nasional Balap Motor kategori Sportbike 2023. Secara penyelenggaraan juga terus ditingkatkan dan berupaya menghadirkan sebuah tontonan menarik serta menghibur untuk penonton, termasuk adanya tayangan Live Streaming,” ujar Andi.

Pada race pertama kelas Sport 150, debut Andi Gilangdi MRS menunjukan performa terbaiknya dengan merebut podium pertama disusul oleh Aldi Satya Mahendra di posisi kedua serta Mohammad Murobbil Vitoni. Sementara di kelas Sport 250, pertarungan tersaji sejak awal pertama sampai lap terakhir oleh para pembalap top Indonesia seperti Rheza Danica, Herjun AF, AM Fadly, Galang Hendra Pratama, dan Andi Gilang. Selama 10 lap mereka bertarung hingga akhirnya menempatkan kemenangan pertama AM Fadly (Yamaha Global) , Herjun AF (Astra Honda Racing Team) dan Andi Gilang ( Astra Motor Racing Team Yogyakarta). Dipastikan jalannya race kedua akan berlangsung sengit untuk bisa menentukan Juara Nasional terutama di kelas Sport 150.

Eddy Saputra, Deputy Olahraga Roda Dua IMI Pusat mengharapkan agar Kejurnas  Mandalika Racing Series bisa terus berlanjut dan berkesinambungan dengan didukung semua pihak, baik APM hingga pelaku industri termasuk pemerintah.”Harapannya tahun depan MRS bisa menambah menjadi lima putaran untuk bisa menjadi puncak kejuaraan Nasional Balap Motor . Bukan hanya untuk menfasilitasi talenta muda namun benar-benar menjadi sebuah arena kompetisi untuk menghasilkan prestasi menuju level lebih tinggi. Kami melihat sekarang sirkuit Mandalika telah menjadi barometer untuk pembalap Indonesia dalam menakar kemampuannya sebelum melangkah ke jenjang balap internasional,”tandas Eddy Saputra.

Final Round Pertamina Mandalika Racing Series 2023 juga akan ditutup oleh acara Championship Night berupa malam penobatan untuk para Juara Nasional Balap Motor 2023 serta apresiasi bagi para pihak pendukung. (*)