by

Dua Hari Pekenan Daya Gunung di Tanjung

-Berita, Daerah-442 views

MATARAM – Gubernur Nusa Tenggara Barat (NTB) Zulkieflimansyah menyambut baik gelar “Pekenan Dayan Gunung” atau Pasaran Dayan Gunung (sebutan lokal Kabupaten Lombok Utara) yang rencananya akan digelar Sabtu – Ahad (12-13/12) mendatang di Lapangan Umum Tanjung Ibukota Kabupaten Lombok Utara.

Sepenuhnya mendukung kegiatan-kegiatan aktualisasi budaya masyarakat lokal yang diharapkan menjadi momentum yang tepat bagi bangkitnya pariwisata NTB di tengah Pandemi Covid-19 yang saat ini masih berlangsung.

Setidaknya even ini bisa menggairahkan pariwisata  ”Meski hanya wisatawan lokal yang menjadi sasaran event ini,” kata Zulkieflimansyah didampingi Kepala Dinas Perhubungan NTB Lalu Bayu Windia saat menerima audiensi Ketua Asosiasi Gili Hotel Lombok Utara sekaligus Ketua Panitia Even Pekenan Dayan Gunung Lalu Kusnawan, Selasa 8 Desember 2020 sore.

Sebelumnya Ketua Panitia even Pekenan Dayan Gunung, Lalu Kusnawan didampingi timnya Sang Ktut Sumi Adyana dihadapan Gubernur melaporkan, berangkat dari keperihatinan pariwisata yang saat ini begitu terdampak akibat pandemi Covid-19 tidak sedikit para pelaku atau owner hotel di tiga gili KLU banyak yang menghentikan aktivitasnya sementara karena dampak yang begitu terasa dari Covid-19 ini.

Meski demikian tidak ingin berlarut-larut dalam keprihatinan seperti ini. Karenanya ingin membangkitkan kearifan lokal masyarakat Dayang Gunung berupa Pekenan Dayan Gunung atau pasaran Dayan Gunung dengan melibatkan para pelaku UKM di Lombok Utara ataupun pelaku kuliner khas Lombok Utara untuk ditampilkan pada even tersebut. Dengan demikian potensi sumberdaya lokal masyarakat akan bisa terangkat dan dihargai oleh masyarakatnya sendiri. Jadi kita ingin masyarakat lokal menghargai dan memberdayakan produk lokalnya sendiri,” tukas Kusnawan.(*)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed