by

Dinas Pariwisata NTB Target 150 Desa Wisata Lomba Anugrah Desa Wisata 2022

MATARAM – Sebanyak 150 desa wisata di Nusa Tenggara Barat (NTB) ditargetkan mengikuti lomba Anugrah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2022. Sampai hari ini sudah 113 desa yang telah  mendaftar. Waktu pendaftaranya hingga delapan hari terakhir. Tahun 2021 lalu, ada 80 desa wiata yang mendaftar diantaranya tiga desa berhasil memenangkan penghargaannya.

Menurut Kepala Dinas Pariwisata NTBYusron Hadi, dirinya bersyukurr bahwa selama periode kegiatan seri II MotoGP 2022 yang berlangsung desa wisata Bile Bante mampu menghasilkan transaksi hingga Rp 1  miliar. ‘’Ada tiga desa yang dipilih penonton MotoGP sebagai tempat menginap dan tujuan kunjungan yaitu TeteBatu, Bile Bante dan Sade,’’ kata Yusron Hadi.

Ketiga desa wisataa tersebut mendapatkan berkah MotoGP. Tidak hanya penonton biasa tetapi juga adanya kehadiran artis yang ditempatkan di desa wisata.

Desa wisata yang sudah maju mengikuti ADWI 2022 dari Kabupaten Lombok Timur sebanyak 62 desa, Kabupaten Lombok Tengah 18, Kabupaten Lombok Barat 7, Kabupaten Lombok  Utara 6, Kabupaten Sumbawa 5, Kabupaten Sumbawa Barat 4, Kabupaten Dompu 5, Kota Mataram 3, Kota Bima 1, dan Kabupaten Bima 2.

Desa wisata yang maju mengikuti ADWI 2022 ini adalah memiliki potensi alam pegunungan dan laut, budaya, kerajinan dan kuliner.

Adapun desa wisata yang selama ini sudah dikenal memliki destinasi wisata antara lain di Lombok Timur yaitu Desa Wisata Kembang Kuning, Desa Wisata Budaya Kotaraja, Desa Wisata Loyok, Desa Wisata Sembalun Bumbung Berbudaya, Tenun Gedogan Tanggul Pringgasela, Desa Wisata Sembalun Timba Gading, Desa Wisata Sembalun Lawang, Desa Wisata Senanggalih, Desa Wisata Sembalun,  Pengadangan Desa Wisata Budaya.

Di Lombok Tengah antara lain Desa Wisata Bile Bante, Desa Wisata Mas-Mas, Desa Wisata Kopang Rinjani Shelter, Taman Wisata Edukasi Religi Desa Jango, Desa Wisata Halal Setanggor, Desa Wisata Puyung, Desa Wisata Beleka Sentra Kerajinan Rotan & Letak/Atte dan  Kampung Oksigen.

Di Lombok Barat, desa penghasil gerabah Banyumulek, Desa Wisata Sedau, Desa Mangrove Tanjung Batu.

Di Lombok Utara adalah Desa Wisata Bayan, Desa Wisata Gili Indah, Desa Wisata Senaru dan Desa Wisata Taman Laut Pandanan.

Di Sumbawa mulai dari Desa Wisata Santong Menggoda, Agro Olat Ode dan Ekowisata bahari Prajak

Di Sumbawa Barat, Desa Wisata Bukit Not Beia Beka Taliwang, Danau Lebo

Di Dompu dari lima desa wisata yang mengikuti ADWI 2022,  yang selama ini dikenal internasional adalah Desa Wisata Hu’u Lakey dan Tambora.

Mataram menyertakan Taman Hiburan Rakyat Loang Baloq dan Kampung Wisata Tanjung Karang.

Kota Bima mengikut sertakan Kampung Wisata Tenun Ntobo dan Kabupaten Bima mendaftarkan Desa Karumbu dan Tolouwi.(*)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

News Feed