by

Dinas Pariwisata NTB Menyiapkan Kegiatan Menjelang MotoGP

MATARAM – Demi mendukung suksesnya penyelenggaraan balap MotoGP seri kedua di Sirkuit Mandalika, 18 – 20 Maret 2022 mendatang, Dinas Pariwisata Nusa Tenggara Barat (Dispar NTB)  berbagai kegiatan mulai dari peduli UMKM, sarana hunian pariwisata (sarhunta), homestay, camping ground hingga hotel.

Kepala Dispar NTB Yusron Hadi mengatakan adanya dukungan terhadap penyelenggaraan motogp tersebut sewaktu bertemu dalam coffee morning di kantornya, Senin 17 Januari 2022 pagi. ‘’Cukup banyak kegiatan mulai minggu ini hingga dua bulan mendatang,’’ katanya.

Dispar NTB secara langsung membuka Posko Wisata Harmoni di kantor depan yang dibuka sepanjang jam kerja untuk melayani pertanyaan yang berkaitan dengan berbagai masalah yang berkaitan dengan kebutuhan penonton motoGP. ‘’Kami melayani informasi yang diperlukan untuk kepentingan menonton motoGP,’’ ujar Yusron Hadi.

Selama dua hari, Kamis – Jum;at 20 – 21 Januari 2022, diadakan temu kreatif mulai dari temu usaha hingga forum bisnis yang diselenggarakan di Hotel Prime Park. Ini adalah dimulainya temu usaha produk UMKM dengan manajemen hotel berbintang. ‘’Kami minta penyediaan tempat untuk UMKM di pojok hotel,’’ ucapnya.

Dispar NTB juga mendatangkan 25 agen perjalanan luar daerah agar berperan menjadi buyer paket wisata dalam travel mart yang diselenggarakan untuk mempertemukan kalangan agen perjalanan lokal dan pengusaha hotel. Yang tercatat di Dispar NTB ada 2.500 kamar homestay, 398 unit sarhunta, 940 unit camping ground di desa wisata, 172 unit bungalow dan hotel melati 6.637 kamar maupun 11.108 kamar hotel bintang.selain 80 kamar rusunawa maupun menyusul adanya kamar asrama haji NTB. ‘’Produsen peralatan pendakian Eiger juga menyediakan 100 tenda,’’ katanya.

Pada pekan pertama Pebruari 2022 di Senggigi akan berlangsung Surfing Competition disusul Lombok Writer Festival di Gili Trawangan Kabupaten Lombok Utara.  ‘’Festival ini menggalakan promosi pariwisata .Ada pula Jambore Bikers Tour yang diantara pesertanya berangkat melalui jalan darat dari Jakarta.

Berikutnya setelah diselenggarakannya test pra musim 11 – 13 Pebruari di sirkuit Mandalika, juga diramaikan  adanya L’Etape tour de France yang star dan finishnya dilakukan di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Pariwisata Mandalika, 18 – 20 Pebruari 2022 diselingi kegiatan fun bike di Bike Park Meninting Lombok Barat. (*)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

News Feed