by

Di NTB Disediakan Bis Disabilitas

-Berita, Daerah-188 views

MATARAM – Pagi tadi, Gubernur Nusa Tenggara Barat (NTB) Zulkieflimansyah meluncurkan tiga bis untuk disabilitas di Lombok dan Sumbawa. Bis tersebut memiliki kapasitas angkut 30 orang penumpang difabel yang terinci 10 berkursi roda dan 20 non kursi rodauntuk penyandang tuna rungu atau tuna grahita dan lainnya.

NTB adalah provinsi kedua yang mengoperasikan bisa disabilitas setelah Provinsi Jawa Barat. di Lombok, penempatannya di kota Mataram direncanakan untuk melayani jalur Sekolah Luar Biasa di Karang Jangkong, Cakranegara dan sekitarnya.

Menurut Kepala Dinas Perhubungan Provinsi NTB Lalu Bayu Windya,menjelaskan bahwa bus ramah difabel ini di uji coba di pulau Lombok, dan dua unit beroperasi di pulau Sumbawa. Selanjutnya, di setitap kota/kabupaten se NTB akan disediakan masing-masing satu unit bis.

”Alhamdulillah hari ini menyelenggarakan sebuah acara yang cukup monumental, yaitu gladi rute atau tes rute untuk pemanfaatan Bus Disabilitas,” kata Lalu Bayu Windya.

Bayu juga menerangkan bahwa sejatinya bus ini akan secara penuh diresmikan pada peringatan HUT NTB pada bulan Desember mendatang. Hal ini juga bertepatan dengan Hari Disabilitas Internasional yang diperingati setiap tanggal 3 Desember.

Zulkieflimansyah yang hadir di kantor Dinas Perhubungan NTB melihat kebahagiaan para penyandang disabilitas yang hadir menyambut kendaraan umum yang tentu akan mempermudah mobilitas yang kerap terhambat akibat transportasi. ”Semakin membuktikan bahwa NTB adalah daerah yang ramah anak dan juga penyandang disabilitas,” ujarnya.

Ia menceritakan pengalamannya tentang sarana ramah difabel saat di Inggris. Ia pernah berkunjung di Old Trafford, stadion Manchester United. Ada satu tempat yang di khususkan untuk tunanetra, di dalam stadion. ”Jadi yang dilakukan hari ini adalah hal yang sangat maju. ” ucapnya.

Selain itu, Gubernur juga berharap agar saat perhelatan MotoGP di tahun 2021 nanti, dapat tersedia fasilitas penonton bagi difabel yang aman dan nyaman. ”Ada satu tempat khusus untuk teman-teman difabel menonton MotoGP,” katanya

Faizah (43) wanita disabilitas, asal Kecamatan Sekarbela Kelurahan Karang Pule Kota Mataram.mengapresiasi dukungan pemerintah terhadap nasib kaum difabel. Faizah mengaku selama ini pemerintah terus membantu dan memperhatikan nasib kaum disibiltas. “Semoga, fasilitas yang ramah difabel terus disediakan pemerintah di NTB ini,” ujarnya saat menaiki bus disabilitas berkapasitas 30 seat ini.(*)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed