by

Di Mataram, Bayar Parkir Pakai QRIS

MATARAM – Salah satu upaya untuk memperluas ekosistem pembayaran digital di Kota Mataram yang dilaksanakan oleh Dinas Perhubungan Kota Mataram bekerja sama dengan Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi NTB (KPwBI Prov. NTB), yaitu melaksanakan kegiatan Lomba Juru Parkir Digital di Kota Mataram Tahun 2023.

Perlombaan ini dilaksanakan untuk mendorong digitalisasi transaksi keuangan Pemerintah Kota Mataram melalui penggunaan QRIS dalam penerimaan retribusi daerah dengan harapan dapat meningkatkan transparansi dan akuntabilitas serta mengoptimalkan penerimaan daerah.

Bank Indonesia sepenuhnya menyadari bahwa tren digitalisasi telah berkembang sangat cepat ke seluruh aspek dan sendi perekonomian. Dari sisi progress perkembangan QRIS, saat ini terdapat 43,48 juta pengguna QRIS di seluruh Indonesia. Adapun di Provinsi NTB sendiri, jumlah pengguna QRIS per Oktober 2023 telah mencapai 410.600 user.

Angka tersebut diperkirakan akan terus bertambah seiring meningkatnya awareness masyarakat terkait kemudahan bertransaksi secara non-tunai termasuk melalui kanal QRIS. Dari sisi transaksi, transaksi QRIS dari Januari hingga Oktober 2023 telah mencapai Rp581,66 miliar. Diharapkan melalui acara ini dapat menjadi upaya dan wasilah untuk mewujudkan percepatan digitalisasi di NTB dan tentunya mendorong kesejahteraan masyarakat.

Perlombaan dimaksud diikuti oleh seluruh Juru Parkir Kota Mataram terhitung sejak bulan Februari hingga Oktober 2023. Adapun Senin 18 Desember 2023 kemarin, Dinas Perhubungan Kota Mataram bersama KPwBI Prov. NTB menyelenggarakan Penganugerahan Apresiasi Juru Parkir Digital di Kota Mataram yang dihadiri langsung oleh Wakil Walikota Mataram Mujiburrahman, Plt. Kepala Dinas Perhubungan Kota Mataram, Lalu Martawang, Kepala Bidang UPTD Parkir Dinas Perhubungan Kota Mataram, Lalu Muhammad Sopandi, dan para Koordinator Lapangan Juru Parkir, dan Juru Parkir Digital Kota Mataram.

Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Nusa Tenggara Barat, Berry Arifsyah Harahap menyampaikan bahwa Elektronifikasi Transaksi Pemerintah Daerah (ETPD) merupakan suatu upaya untuk mengubah transaksi pendapatan dan belanja Pemerintah dari cara tunai menjadi non-tunai berbasis digital. ETPD diarahkan untuk mewujudkan tata kelola keuangan yang lebih baik dan meningkatkan potensi penerimaan Pemerintah melalui pemanfaatan teknologi, inovasi produk dan saluran distribusi. “Kami berharap para Juru Parkir di Kota Mataram termotivasi untuk menjadi garda terdepan dalam mendorong implementasi transaksi non-tunai. Membantu Pemerintah Kota Mataram untuk mewujudkan tata kelola keuangan yang lebih baik demi masyarakat Mataram yang lebih sejahtera,’’ katanya.

Berrry juga mengucapkan selamat kepada para pemenang terpilih. Semoga bisa menjadi motivasi bagi yang lainnya. ‘’Kami juga menyampaikan apresiasi yang sebesar-besarnya atas partisipasinya dalam kegiatan perlombaan ini,” ujar Berry Arifsyah Harahap.

Wakil Walikota Mataram Mujiburrahman menyampaikan terima kasih dan apresiasi kepada Bank Indonesia atas kerja sama serta dukungannya untuk memberikan penganugerahan kepada para juru parkir digital di Kota Mataram. “Kita semua perlu mengambil peran untuk membantu Pendapatan Asli Daerah (PAD) karena ini adalah bagian dari upaya Pemerintah untuk meningkatkan pembangunan di Kota Mataram.’’ ucapnya.

Acara kemarin diharapkan menjadi motivasi juru parkir lainnya untuk maksimalkan pembayaran menggunakan QRIS agar masyarakat semakin terbiasa untuk membayar parkir non-tunai,” ujar  Mujiburrahman.

Plt. Kepala Dinas Perhubungan Kota Mataram, Lalu Martawang, turut menyampaikan terima kasih atas kepedulian Bank Indonesia kepada para juru parkir dan akan terus membenahi serta memperbaiki pemberlakuan pembayaran non tunai di Kota Mataram.

Perlombaan Juru Parkir Digital di Kota Mataram Tahun 2023 dibagi dalam 3 (tiga) kategori berdasarkan jumlah transaksi harian, dengan rincian Kategori I dengan potensi harian Rp65.000,00 s.d. Rp350.000,00 ; Kategori II dengan potensi harian Rp35.000,00 s.d. Rp60.000,00 ; dan Kategori III dengan potensi harian Rp10.000,00 s.d. Rp30.000,00.

Berikut adalah juara-juara pada perlombaan Juru Parkir Digital di Kota Mataram:

Kategori I:

  1. Sahdi / Jukir No. 120 / Titik Parkir Toko Master Jl. Jayangrana
  2. Ahmad Supriadi / Jukir No. 035 / Titik Parkir Indomaret Jl. Dr. Wahidin
  3. Muhalibin / Jukir No. 006 / Titik Parkir Bank BCA Jl. Pejanggik
  4. H. Mustafa Lutfi / Jukir No. 007 / Titik Parkir Bank BCA Jl. Pejanggik
  5. Jumaah / Jukir No. 004 / Titik Parkir Bank BNI Jl. Sandubaya

Kategori II:

  1. Tohri / Jukir No. 395 / Titik Parkir Pasar Mandalika Jl. Sandubaya Mandalika
  2. I Wayan Gunarta / Jukir No. 102 / Titik Parkir GP Fresh Jl. Sultan Hasanuddin
  3. Sulhamdi / Jukir No. 126 / Titik Parkir Toko Sumber Jaya Jl. Pejanggik
  4. Suherman / Jukir No. 094 / Titik Parkir Alfamart Jl. Jend. Sudirman
  5. Suhadi / Jukir No. 050 SLP / Titik Parkir Indomaret Jl. Jend. Sudirman

Kategori III:

  1. Khairul Umam / Jukir No. 175 / Titik Parkir Indomaret Pagutan Jl. Bung Karno
  2. I Gusti Ngurah Deria / Jukir No. 074 / Titik Parkir Toko Pacifik Jl. AA Gde Ngurah
  3. Abdul Wahid / Jukir No. 300 / Titik Parkir Indomaret Jl. Jend. Sudirman
  4. Bahri / Jukir No. 591 / Titik Parkir Klinik Kamboja Jl. WR Supratman
  5. Mursandi / Jukir No. 525 / Titik Parkir Toko Martabak Cita Rasa Jl. Hos Cokroaminoto

 

Best of The Best Juru Parkir Digital Kota Mataram Tahun 2023 adalah:

Kategori I:

  1. Sanusi / Jukir No. 166 / Titik Parkir Toko Apollo Fashion Outlet Jl. Pejanggik

Kategori II:

Rahman / Jukir No. 056 / Titik Parkir Toko Panca Warna dan Toko Unggul Jl. Selaparang

Kategori III:

Herwan Muhlis / Jukir No. 137 / Titik Parkir Klinik Catur Warga Jl. Catur Warga. (*)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed