by

Di Lombok Barat Siapkan Atraksi Welcome to Senggigi Selama WSBK

SENGGIGI – Meskipun kejuaraan balap motor World Superbike berlangsung di Kawasan Ekonomi Khusus Pariwisata Mandalika, 19 – 21 Nopember 2021 mendatang, namun Dinas Pariwisata Kabupaten Lombok Barat bersama hotel dan restoran serta pelaku usaha wisata lainnya bersama – sama menyelenggarakan Welcome to Senggigi.

Tidak kurang dari tiga belas kegiatan akan kembali dipusatkan di Senggigi sejak tanggal 18-21 November 2021 untuk mendongkrak gairah kepariwisataan di kawasan andalan Kabupaten Lombok Barat ini dan menyambut gelaran WSBK Mandalika.

Kepala Dinas Dispar Lobar Saepul Akhkam sudah melakukan expose di depan Bupati Lombok Barat Fauzan Khalid, mengenai rencana kegiatan event Welcome to Senggigi di ruang rapat Jayengrana kantor Bupati Lobar, Jum’at 12 Nopember 2021 kemarin. “Di saat perhatian dan atensi masyarakat dunia terfokus ke sirkuit Pertamina Mandalika, kita sambut juga, kita bawa kemeriahannya ke Senggigi,” katanya.

Menurutnya, dimanapun suatu event terselenggara, apalagi berskala internasional, Senggigi harus tetap siap dengan segala atraksi, akomodasi dan event-eventnya.

Perwakilan event organizer (EO) Fari Muchsin, yang menggarap event ini menjelaskan kegiatan-kegiatan yang akan berlangsung selama 4 hari ini. Di hari pertama, dimulai dengan kopi darat club motor di Bencingah Agung Kantor Bupati Lobar dilanjutkan turing.  City Tour yaitu turing bareng club-club motor. ”Akan start dari Bencingah Agung Kantor Bupati Lobar dan finish di Aruna Sea View Senggigi,” ujar Muchsin.

Di Aruna Sea View Senggigi sudah siap live music menyambut para riders , DJ performance, pameran Ekraf dan fotografi. ”Hingga doorprize untuk para peserta touring,” ucapnya.

Sebagai acara penutup sebelum malam tiba, akan ada Senggigi Sunset Zumba yang rencananya akan dihadiri oleh sejumlah komunitas senam dengan instruktur Adi Zum-Zum dan kawan-kawan.

Di malam harinya akan ada live music acoustic dari sejumlah musisi lokal, dan ini akan ada setiap malam hingga 21 Nopember 2021. ”Termasuk pameran ekraf dan fotografi,” kata Muchsin.

Di Hari ke-2 akan ada bincang foto bersama para juri dan peserta Photo Exhibition yang dilaksanakan juga oleh Dispar Lobar sejak akhir Oktober lalu.

“Hari selanjutnya pada tanggal 19 November akan ada Sarasehan Budaya, yang berisi pagelaran seni dan budaya, bedah video budaya hingga media award,” ucapnya.

Pada malam harinya, lanjut Muchsin, pengunjung akan disuguhkan pagelaran Wayang Sasak oleh dalang kawakan Lombok yakni Lalu Nasib.

Di hari terakhir, akan ada Fun Bike menyusuri jalan Senggigi, yang direncanakan start di pusat oleh – oleh Sasaku Batulayar dan finish di Pasar Seni Senggigi. Setelah itu bekerjasama dengan Hotel Puri Bunga Senggigi, akan ada pameran mobil klasik, dipadu dengan sejumlah atraksi lainnya seperti DJ performance, sejumlah tarian dan live music.

Ketua Indonesian Hotel General Manager Association (IHGMA) NTB, Ernanda Dewobroto,  menyebut okupansi hotel 19-21 mencapai 90 persen. ”Yang ramai di Mataram, Senggigi dan Mandalika,” katanya, Sabtu 13 Nopember 2021 sore.

General Manager Hotel Jayakarta Lombok Cherry Abdul Hakim mengatakan 150 kamar hotelnya sudah penuh. ”Harga jual kamar normal,’ ucapnya.

Di kawasan Kuta Mandalika pun demikian. Menurut Ketua Mandalika Hotel Association Samsul Bahri, terdapat 1.750 kamar yang sudah mendapatkan pesanan tamu menginapnya. ”Alhamdulillah ramai kunjungan,” ujarnya.

Ketua Indonesia Congress and Convention Association (INCCA) atau Asosiasi Kongres dan Konvensi Indonesia (AKKINDO) Nusa Tenggara Barat M Nur Haedin Edo mengatakan selama penyelenggaraan WSBK nanti, cukup besar kedatangan wisatawan yang datang tidak hanya menonton WSBK tetapi juga mengikuti MICE (i Meeting, Incentive, Convention, Exhibition). ”Dari berbagai perusahaan sudah memesan untuk kegiatan MICEnya,” kata Edo. Sebelumnya, pekan lalu selaku Ketua Ikatan Motor Indonesia NTB, ia berhasil menyelenggarakan turing motor besar dari 11 provinsi.

Ketua Asosiasi Pengusaha Hiburan Suhermanto, khususnya di kawasan Senggigi, sudah dipersiapkan live music dan event lain. ”Bahkan di luar cafe pengusaha dan masyarakaat ingin menghibur tamu yang tinggal di Senggigi,” ujarnya. Antara lain sajiana tari modern dan tradisional. Ia tidak ingin event WSBK ini tidak dibuat sunyi.

Kepala Dusun Sade Desa Rembitan Kurdap Selaka yang berada di dekat Mandalika pun menyiapkan diri menyambut kedatangan wisatawan yang singgah di kampungnya. ”Kami menyiapkan Gendang Beliq, Perisaian dan adegan Amaq Tempengos untuk hiburannya,” ucap Kurdap Selaka.

Dusun Sade dikenal sebagai dusun yang 150 rumah warganya merupakan rumah tradisional berbentuk Bale Gunung Rate atau semacam rumah joglo di Jawa. berdinding anyaman bambu dan atap alang-alang, lantainya tanah liat yang untuk pemeliharaannya agar tidak retak menggunakan kotoran ternak sapi atau kerbau yang juga berfungsi sebagai penghalau nyamuk.

Di susun tetangga, Dusun Ende Desa Sengkol, Kelompok Sadar Wisata Sasak Ende juga menyatakan kesiapannya menyambut wisatawan. Ketuanya, Tantowi Surahman mengatakan menyiapkan sajian tradisional Sasak.

Bekedek Package adalah kegiatan wisata berkeliling Desa Sasak Ende untuk melihat keseharian masyarakat yang didampingi oleh pemandu. Setelah menikmati Welcome Drink (kopi/air jeruk khas Sasak Ende), wisatawan akan diajak mengelilingi perkampungan Sasak Ende, wisatawan akan menjumpai kegiatan keseharian masyarakat seperti menenun, me-roasting kopi, memasak dengan metode tradisional serta jika beruntung, dapat melihat masyarakat Sasak Ende mengepel lantai dengan menggunakan kotoran sapi. Diakhir tour akan melihat gallery hasil kerajinan masyarakat untuk dibeli sebagai oleh-oleh.(*)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

News Feed