by

Di Lombok Barat,  Ada Kemeriahan Lebaran Topat

GIRI MENANG LOMBOK BARAT – Hari Raya Idul Fitri atau Lebaran merupakan momen bahagia dan ditunggu-tunggu oleh umat muslim di seluruh dunia. Hari besar keagamaan ini juga sangat dirindukan mengingat ada banyak kegiatan dan tradisi yang sering dilakukan umat Islam saat lebaran. Salah satunya adalah perayaan Lebaran Topat (Ketupat).

Tradisi turun temurun ini dilaksanakan masyarakat Lombok sepekan setelah Lebaran atau setelah menunaikan puasa sunah Syawal selama 6 hari berturut-turut.

Kepala Dinas Pariwisata Lombok Barat (Dispar Lobar) M. Fajar Taufik mengatakan lebaran tahun 2023 ini Pemerintah Kabupaten Lombok Barat akan kembali merayakan tradisi Lebaran Topat. ‘’Dispar Lobar akan lebih melibatkan pelaku usaha pariwisata dan wisatawan yang ada di Senggigi, ‘’ kata Fajar Taufik sewaktu memimpin rapat persiapan perayaan Lebaran Topat bersama Kasat Pol PP, Kepala Dinas Lingkungan Hidup, Dinas Perhubungan Lombok Barat, pihak kepolisian dan stakeholder terkait, Senin 17 April 2023.

Sebelumnya, sejak 2020 lalu pemerintah tidak menggelar secara resmi kegiatan khusus untuk merayakan Lebaran Topat lantaran maraknya kasus pandemi Covid-19 saat itu. “Lebaran Topat akan kita laksanakan pada hari ketujuh bulan Syawal atau Sabtu (29/4) mendatang,” ujar Taufik.

Tradisi perayaan Lebaran topat dimulai dengan melaksanakan prosesi adat seperti berziarah kubur, mengambil air, dan berdoa. Setelah prosesi adat, bupati bersama warga kemudian merayakan Lebaran Topat di Pantai Duduk, Kecamatan Batulayar.

Perayaan Lebaran Topat juga akan dimeriahkan dengan atraksi kesenian serta berbagai kegiatan seperti Lomba Dulang Pesaji, Festival UMKM, dan Lomba Parade Gunungan Topat. “Yang beda dari event sebelumnya, kita adakan Lomba Gunungan Topat yang pesertanya dari pelaku pariwisata hotel dan restaurant, lalu ada festival UMKM  yang pesertanya UMKM yang sudah terdata di Disperindag,” ucap Taufik.

Di Lombok, kemeriahan lebaran topat berlsangsung di berbagai lokasi di sepanjang pantai mulai di Sekotong, Lembar, Cemare di Lombok Barat hingga pantai Loang Baloq, Ampenan di Kota Mataram hingga pantai Batu Layar di Lombok Barat. Juga ada keramaian di Kabupaten Lombok Utara, Kabupaten Lombok Tengah dan Kabupaten Lombok Timur.(*)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed