by

Di Kawasan Mandalika Tersedia SPBU

MATARAM – Di dalam Kawasan Ekonomi Khusus Pariwisata Mandalika tersedia stasiun pengisian bahan bakar umum (SPBU) yang terintegrasi dengan rest area dan fasilitas penunjang. Fasilitas SPBU ini ini dibangun PT ITDC Nusantara Utilitas sebagai anak usaha PT Pengembangaan Pariwisata Indonesia (Persero) atau Indonesia Tourism Development Corporation/ITDC yang bergerak di bidang pengelolaan utilitas,

Jum’at 29 Januari 2021 siang tadi, SPBU tersebut diresmikan oleh Direktur Utama ITDC Abdulbar M. Mansoer bersama Direktur Utama ITDC NU Anak Agung Istri Ratna Dewi,dihadiri Direktur Utama PT Pertamina Power Indonesia Heru Setiawan serta Bupati Lombok Tengah Suhaili Fadhil Thohir.

SPBU The Mandalika terletak strategis dipinggir jalan utama kawasan serta tidakjauh dari proyek Jalan Kawasan Khusus (JKK) yang akan menjadi tempat penyelenggaraan Indonesian GP.

Mulai dibangun sejak Januari2020,SPBU TheMandalika memiliki luas3.300m2 dan akan ada bangunan rest area yang rencananya akan dikerjasamakan dengan PT Pertamina Power Indonesia (PPI).

Menurut Direktur Utama ITDC Abdulbar M. Mansoer, pembangunan SPBU ini bisa memberikan manfaat bagi masyarakat disekitar KawasanTheMandalika. Tim ITDC NU telah berkoordinasi dengan instansi pemerintahan dan BUMN terkait, serta bekerja keras untuk menyelesaikan pembangunan SPBU ini dalam jangka 8 bulan.

Hal ini menjadi upaya terbaik ITDC NU bersama ITDC dalam menyediakan ketersediaan BBM di Kawasan The Mandalika untuk mendorong traffic ke The Mandalika. ”Sebagai satu dari Destinasi Pariwisata Super Prioritas (DPS) yang pengembangannya menjadi fokus Pemerintah,” kata Abdulbar M Mansoer.

Adanya rest area yang luas, kami harapkan juga bisa menjadi lokasi UMKM center yang bisa dimanfaatkan oleh masyarakat lokal.

Bupati Lombok Tengah Suhaili FT turut menyampaikan apresiasinya kepada ITDC NU dan ITDC mengenai telah selesainya pembangunan salah satu sarana prasarana penunjang yaitu SPBU yang dapat menunjang berbagai macam kegiatan masyarakat.“Kami juga masih berharap kiranya SPBU ini tidak hanya untuk mendukung kegiatan dikawasan namun juga SPBU bisa menyediakan bahan bakar bersubsidi bagi masyarakat. Karena tingkat kemampuan masyarakat masih sangat membutuhkan subsidi dan uluran bantuan.

“Kamibersyukur, berterimakasih dan mengapresiasi ITDC teriring doa dan harapan kedepannya semoga keberadaan SPBU ini akan lebih menunjang kegiatan di Kawasan Ekonomi Khusus dan kegiatan masyarakat Lombok Tengah dalam berikhtiar dan berusaha.

Selain bekerjasama dengan Pertamina melalui SPBU The Mandalika ini, ITDC NU juga berencana bekerjasama dengan PT Pertamina Power Indonesia entitas anak perusahaan PT Pertamina yang bergerak pada bidang pengembangan energi baru & terbarukan, untuk mengembangkan Solar System pada Rooftop bangunan SPBU The Mandalika. (*)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

News Feed