by

Desa Wisata Buwun Sejati Masuk Nominasi 50 Besar Nasional ADWI 2022

NARMADA – Desa Wisata Buwun Sejati, Kabupaten Lombok Barat, lolos 50 besar desa wisata terbaik nasional mewakili Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) dalam ajang Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2022.

Prestasi ini membuktikan konsistensi desa wisata di Lombok Barat dalam ajang ADWI yang dilaksanakan oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI ini. Tahun lalu, Lombok Barat melalui Desa Wisata Sesaot berhasil mewakili NTB meraih peringkat empat dalam ADWI 2021 kategori CHSE.

“Alhamdulillah pengumuman hari ini Desa Buwun Sejati masuk kurasi 50 besar desa wisata. Saya ucapkan selamat kepada Desa Buwun Sejati berhasil mewakili NTB,” kata Kepala Dinas Pariwisata Lombok Barat M. Fajar Taufik, Rabu 27 April 2022.

Di NTB, tersisa dua desa wisata yang lolos dalam ajang tingkat nasional ini. Selain Desa Buwun Sejati dari Lombok Barat, juga ada Desa Wisata Taman Loang Baloq dari Kota Mataram.

Atas raihan prestasi ini, Taufik berharap seluruh desa wisata yang ada di Lombok Barat dapat lebih termotivasi meningkatkan kualitasnya. “Saya berharap capaian ini dapat menjadi motivasi juga bagi desa lainnya untuk terus mengembangkan desa wisata yang berkualitas dan berkelanjutan untuk Indonesia Bangkit,” katanya.

Sebelumnya ADWI 2022 diikuti 3.419 desa wisata yang tersebar di seluruh penjuru Nusantara. Selama pelaksanaan penilaian, Desa Buwun Sejati yang berada di Kecamatan Narmada ini terus melangkah ke tahap selanjutnya mulai kurasi 500 besar, kurasi 300 besar, kurasi 100 besar, dan terakhir kurasi 50 besar.

Tahapan selanjutnya kata Fajar Taufik adalah kunjungan atau visitasi Menteri Parekraf Sandiaga Salahuddin Uno bersama tim untuk menilai indikator yang wajib dipenuhi sebagai desa wisata berkembang. “Kita akan kembali melakukan pendampingan untuk penyiapan kunjungan dan berkolaborasi dengan desa sehingga tujuh kategori yang dilombakan siap untuk dinilai secara langsung oleh Mas Menteri,” ujar Fajar Taufik.

Kepala Desa Buwun Sejati Muhidin merasa bangga dan bersyukur atas capaian ini. “Terima kasih atas support dan dukungan Pak Kadis. Alhamdulillah Buwun Sejati masuk 50 besar, mudah-mudahan ini menjadi awal kemajuan dan kesuksesan kita bersama amiin,” ucap Muhidin.(*)