by

Demi Pariwisata Rumah Kreatif BUMN Bina Kayla Mutiara Lombok

MATARAM – Seiring berkembangnya pariwisata di Kabupaten Lombok Barat Nusa Tenggara Barat, sebagai salah satu produk andalan NTB, mutiara hasil budi daya dari Lombok telah diakui dan menjadi produk unggulan yang mampu mendukung pariwisata Lombok menembus pasar nasional maupun internasional.

Salah satunya, Kayla Mutiara Lombok yang terletak di Jalan Raya Pelabuhan Lembar, Lombok Barat. Galeri milik Yulida Samad ini merupakan salah satu mitra binaan yang tergabung dalam Rumah Kreatif BUMN (RB) Lombok Barat, binaan PLN NTB.

Dengan omzet hampir mencapai Rp 420 juta per tahun, produk Kayla Mutiara Lombok telah dinikmati oleh pecinta mutiara hingga ke luar negeri, seperti Hong Kong, Dubai, Qatar dan Korea Selatan. Produknya terdiri dari berbagai jenis mutiara air laut dan mutiara air tawar, dan dilengkapi dengan  surat serta bersertifikat

Sebagai anggota dari RB Lombok Barat, Kayla Mutiara telah mengikuti berbagai program pelatihan yang telah disediakan oleh RB Lombok Barat untuk meningkatkan kapasitasnya sebagai salah satu Usaha Kecil Menengah (UKM) di Lombok.

Yulida Samad sering mendapatkan kesempatan mengikuti pelatihan yang diadakan oleh RB Lobar. Banyak sekali jenis pelatihan yang diadakan. ‘’Mulai dari pemasaran, manajemen keuangan, foto produk, pengelolaan media sosial dan juga manajemen pelanggan,” kata Yuli.

Bahkan, Kayla Mutiara Lombok diberikan kesempatan oleh PLN mengikuti pameran di Korea Selatan, 2019. ‘’Ini membuka jalan untuk Kayla mutiara di pasar internasional”, ujar Yuli.

Senior Manager Keuangan Komunikasi dan Umum PLN NTB Refa Purwati mengemukakan  bahwa  pembentukan RB Lombok Barat ini sejalan dengan  program inisiatif Kementerian BUMN  dalam rangka pemberdayaan UKM di daerah masing masing.

Fungsi utama RB Lombok Barat ini  sebagai  wadah bagi langkah kolaborasi BUMN dalam membentuk Digital Economy Ecosystem melalui pembinaan bagi UKM untuk meningkatkan kapasitas dan kapabilitas dari UKM di daerah masing masing.

Selain keandalan penyediaan listrik, PLN juga berkomitmen untuk mendukung pengembangan UKM di NTB. Diharapkan adanya RB Lombok Barat, UKM di Lombok dapat tumbuh dan memberikan kontribusi yang berarti bagi perkembangan ekonomi masyarakat di sekitarnya. ‘’Terutama di NTB pada umumnya,”  ucap Refa.

RB Lombok Barat yang merupakan binaan PLN NTB ini telah terbentuk sejak tahun 2016, dengan beranggotakan UKM dari berbagai macam usaha. RB Lombok Barat ini memberikan pelatihan secara gratis bagi 77 anggotanya yang aktif hingga saat ini, yakni UKM yang berlokasi di Kabupaten Lombok Barat.

Selama ini, PLN membina UKM melalui RB Lobar sejak 2016. Kayla menjadi anggota RB Lobar sejak 2019. Keseluruhan binaan RB Lobar 77 UKM terdiri dari UKM Food & Beverages 53 persen, UKM Craft 34 persen, Fashion 7 persen, Jasa 6 persen

Keseluruhan di NTB, PLN memiliki RB Lobar yang membina  77 UKM,  RB Sumbawayang mulai beroperasi di awal tahun 2022 membina 5 UKM .(*)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed