by

Delegasi Zimbabwe Kunjungi  Bio Farma

BANDUNG – Bio Farma menerima kunjungan kerja dari Delegasi Zimbabwe yang dipimpin oleh Chef Director Curative, Dr.M.G.M. Hove didampingi oleh Nathpharm Board Chairperson, Ruth R. Kaseke, Acting Ambassador Zimbabwe to Indonesia, Ms. Viola Matongorere dan Counsellor Embassy of Zimbabwe, Hillary Makumbe beserta tim delegasi Zimbabwe serta Duta Besar RI for Zimbabwe, Dewa Made J. Sastrawan.  Kunjungan diterima oleh Wakil Direktur Utama Bio Farma, Soleh Ayubi, Direktur Penelitain & Pengambangan Bisnis Bio Farma, Yuliana Indriati beserta tim ekspert Bio Farma.

Soleh Ayubi mengatakan bahwa Bio Farma Group memiliki  berbagai produk  mulai  dari vaksin, vitamin, medis, obat-obatan, alat kesehatan, dan layanan Kesehatan lainnya. “Bio Farma telah mengekspor produk vaksinnya ke lebih dari 150 negara. Dalam hal pelayanan kesehatan, Bio Farma telah melayani 42 juta jiwa setiap tahunnya, angka yang tidak sedikit. Apa yang telah dilakukan oleh Bio Farma Grup sekarang adalah mengintegrasikan portofolio bisnis, untuk memperkuat kolaborasi secara global” kata Soleh Ayubi.

“Bio Farma merupakan perusahaan yang sangat memiliki concern dalam strategi kolaborasi. Kita membuka lebar pintu untuk perusahaan institusi penelitian atau pemerintah, agar mempererat dan memperkuat kolaborasi antara kita bisa dari komersial dan penelitian atau apapun yang kami eksplorasi lebih lanjut” ujar Soleh ayubi.

Chief Direction Curative Dr.M.G.M. Hove Dalam sambutannya menyampaikan terima kasih kepada Bio Farma atas penerimaan dan kesempatan untuk berdiskusi lebih lanjut tentang peluang kerjasama. Ia sangat senang bisa berkunjung  Ke Bio Farma dan berharap kedepannya ada kesepakatan untuk bertukar informasi terkait teknologi kesehatan Bio Farma dan Zimbabwe dalam produksi dan pendistribusian Vaksin.

Duta Besar RI untuk Zimbabwe,  Dewa Made J. Sastrawan juga turut mendukung kerjasama Bio Farma dengan Zimbabwe. “Saya mencari perusahaan seperti Bio Farma untuk dapat menjalin kolaborasi dengan Zimbabwe”.

Pertemuan ini merupakan bentuk tindak lanjut dari kunjungan Wakil Presiden I Republik Zimbabwe  Jenderal (Purn) Constantino Chiwenga ke Bio Farma yang telah dilakukan pada20 Mei 2022 lalu, yang  bertujuan untuk mencari potensi-potensi kerjasama dalam bidang kesehatan, khususnya dalam bidang pembuatan dan distribusi vaksin. Selain berkunjung ke fasilitas produksi Bio Farma Pasteur Bandung, para delegasi Zimbabwe juga berkunjung ke fasilitas manufaktur Kimia Farma di Banjaran Bandung.(*)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed