by

Dana Kebajikan Bank Dinar Rp1,3 M Santunan Ramadhan 1444 H

MATARAM – Tidak kurang dari Rp1,3 miliyar rupiah dana kebajikan yang harus dikeluarkan PT. Bank Perkreditan Rakyat Syariah (BPRS) Dinar Ashri atau Bank Dinar, untuk kebutuhan santunan dan bantuan lainnya selama Ramadhan 1444 hijriyah.

Sebagian besar dana kebajikan yang dikeluarkan saat Ramadhan tahun 2023 ini untuk kebutuhan paket sembako sebanyak 6.500 paket dengan total anggaran sebesar Rp1 miliyar. Sisanya sekitar Rp300 juta digunakan untuk memenuhi kebutuhan air minum pada sekitar 100 masjid. Masing-masing masjid memperoleh bantuan 30 dus air mineral. Selain itu terdapat juga program santunan untuk anak yatim.

Direktur Utama Bank Dinar  Mustaen di mataram mengatakan, alokasi dana untuk kebutuhan Ramadhan tahun ini mengalami peningkatan dari tahun sebelumnya yang kurang dari Rp 1 miliyar. Fakta itu  menjadi bukti konsistensi bank dinar dalam membantu masyarakat yang membutuhkan terutama pada bulan Ramadhan. “Kalau air minum itu satu minggu sebelum Ramadhan mulai disalurkan. Sasaran kami itu macam-macam ya terutama masyarakat yang memerlukan dan 7 cabang kami di NTB menjadi amil dari program ini,” kata Mustaen disela-sela penyaluran paket sembako kepada 500 petugas kebersihan di Mataram, Kamis (14/4/2023).

Menurut Mustaen, petugas kebersihan di Kota Mataram selalu menjadi sasaran penyaluran paket sembako yang berisikan sarung, beras, gula pasir dan minyak goreng tersebut. Para petugas kebersihan dinilai berkontribusi besar dalam menjaga kebersihan kota mataram, sehingga memiliki hak yang sama dalam memperoleh santunan. “Mereka ini menjaga kebersihan kota inikan, pagi pagi sudah nyapu, mereka wajar mendapat kegembiraan yang sama dengan kita,”  ujar Mustaen.

Ia menyebutkan, konsistensi Bank Dinar dalam menyalurkan berbagai jenis bantuan dan santunan selama ini karena memang fungsi bank syariah selain bisnis, tetapi juga menjalankan fungsi untuk social.

“di undang-undang juga kan dijelaskan begitu, secara prinsif agama maupun hukum positif mewajibkan kita untuk ikut bersama mengentaskan kemiskinan, mengatasi masalah pendidikan dan Kesehatan,” ucapnya.

Sementara itu, Ramdani penerima  bantuan paket sembako asal Abiantubuh Mataram mengaku bersyukur menjadi warga yang selalu kebagian bantuan paket sembako setiap bulan Ramadhan dari bank dinar. Ia tidak segan menyampaikan doa terbaik bagi kemajuan bank yang didirikan pengusaha lokal NTB tersebut. ‘’Semoga bank dinar lebih maju, kami bersyukur menerima bantuan sembako ini, saya selalu dapat bagian setiap ada penyaluran, terimakasih bank dinar,” ucap Ramdhani.

Komentar senada dikemukakan Ibu Aini asal Ampenan yang baru pertama kali memperoleh paket sembako dari bank dinar. Paket yang diperoleh diyakini sangat membantu untuk memenuhi kebutuhan menghadapi Idul Fitri 1444 hijriyah. ‘’Alhamdulillah, semoga bank dinar maju dan sukses. Saya tumben dapat tahun ini, bersyukur banget bisa untuk lebaran karena ada gula dan minyak, ada sarungnya juga. Kita tukang sapu seperti ini selalu berharap mendapat bantuan seperti ini dan bank dinar selalu bantu kami,” kata Aini.(*)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed