by

Dampak Ekonomi Sirkuit Mandalika Nyata

MANDALIKA – Penyelenggaraan kejuaraan dunia balap motor di Pertamina Mandalika Interrnational Street circuit diyakini oleh Gubernur Nusa Tenggara Barat (NTB) akan membawa dampak ekonomi yang besar bagi NTB dan kebangkitan ekonomi Indonesia.

Zulkieflimansyah mengemukakannya di Kuta, Mandalika, Loteng, Jumat(12/11) usai peresmian sirkuit di Kawasan Ekonomi Khusus Mandalika oleh Presiden Jokowi. NTB adalah saksi bagi program pemerintah pusat dalam membangkitkan pariwisata dan ekonomi. ”Dengan membangun sirkuit di kawasan pariwisata super prioritas,” katanya.

Khadiran sirkuit Mandalika ini menjadikan daya tarik KEK Mandalika menjadi perbincangan masyarakat dunia. Tidak hanya gelaran WSBK dan MotoGP, berbagai gelaran lainnya akan terus hadir bergantian di NTB. Khusus KEK Mandalika, seperti dikatakan Zulkieflimansyah akan  terus dikembangakan.

Sirkuit Mandalika telah siap menggelar event yang dimulai dengan Idemitsu Asia Talent Cup yang akan dimulai besok, Sabtu 13 Nopember 2021. ”Saat ini saja seluruh penerbangan dan okupansi hotel telah penuh meski gelaran WSBK masih membatasi jumlah penonton karena pandemi.,” ujarnya

Jika nanti kapasitas sirkuit terisi seluruhnya dengan rangkaian event yang terus digelar, masyarakat jelas merasakan keuntungan dari event maupun pariwisata yang mulai bangkit.

Zulkieflimansyah mendampingi Joko Widido, meresmikan Pertamina Mandalika International Street Circuit, di KEK Mandalika, Lombok Tengah Provinsi NTB Jum’at 12 Nopember 2021.

Pembangunan Pertamina Mandalika International Street Circuit,  yang dibangun dengan teknologi aspal terbaru, dengan panjang lintasan sejauh 4,3 Km dan 17 tikungan, telah rampung pembangunannya.

Sirkuit kebanggaan Indonesia ini, akan menggelar balapan IATC pada tanggal 12-14 November, ajang WSBK pada tanggal 19-21 Oktober 2021 dan event MotoGP pada bulan Maret 2022.

Begitupun pembangunan jalan bypass Bizam-Mandalika, sepanjan  17,3 Km telah selesai dan siap gunakan. Sehingga daya tempuh hanya 15 menit saja.

Sebelum meresmikan sirkuit, Presiden Jokowi bersama pejabat lainnya Menteri PUPR Basuki Hadimulyono, Menteri BUMN Erick Thohir, Kapolda NTB Irjen Pol Muhammad Iqbal , Danrem 162/WB Brigjen TNI Ahmad Rizal Ramdhani, Dirut ITDC Abdulbar M Mansoer bersama pembalap IATC dari Indonesia menjajal lintasan balapan.(*)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

News Feed