by

CSGS UI : Masyarakat NTB Relatif Siap Hadapi Perkembangan KEK Mandalika

MATARAM – Peneliti dari Unit Kerja Khusus Center for Strategic and Global Studies Universitas Indonesia (CSGS UI), Kurniawati mengatakan masyarakat Nusa Tenggara Barat (NTB) sudah relatif siap menghadapi berkembangnya Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Pariwisata Mandalika.

Hal tersebut berdasarkan penelitian SDM yang dilakukannya bekerjasama dengan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kenekraf) RI di kawasan wisata KEK Mandalika.

Dari sisi SDM masyarakat NTB sudah siap mengingat di sini sudah ada SMK jurusan pariwisata, Perguruan Tinggi Pariwisata dan sebagainya. ”Dari pelaku pariwisata juga sudah menyatakan kesiapannya menghadapi event-event strategis dalam pengembangan patriwisata di NTB,” kata  Kurniawati didampingi peneliti lainnya Widi Sulistio sewaktu bertemu Gubernur NTB Zulkieflimansyah, Rabu (9/6/2021) di ruang kerja Kantor Gubernur NTB.

Menurut Kepala Dinas Pariwisata NTB Yusron, hasil studi yang dilakukan CSGS UI ini juga bisa memberikan nilai tambah ataupun masukan dan saran untuk dilakukan pembenahan ke depan menjadi lebih baik, khususnya dalam penguatan kapasitas SDM pelaku pariwisata ataupun dampak ikutan yang pasti ditimbulkan oleh berkembanganya suatu industri pariwisata itu sendiri.

Yusron Hadi mengatakan berbagai program penguatan SDM yang sebelumnya sudah dilaksanakan Pemprov NTB di sejumlah kawasan wisata di NTB termasuk di KEK Mandalika nantinya akan banyak berkontribusi dalam menghadapi perkembangan pariwisata NTB ke depan. ”Terlebih akan digelarnya berbagai event internasional seperti MotoGP 2022 mendatang di Sirkuit Mandalika,” ujarnya.

Ia menyebutkan pengembangan wisata KEK Mandalika dengan akan dilaksanakannya MotoGP internasional tidak hanya kesiapan dari sisi infrastruktur tetapi juga yang lebih penting adalah kesiapan sumberdaya manusia agar masyarakat bisa mendapatkan manfaat yang sebesar-besarnya dari perhelatan pariwisata nanti.

Gubernur NTB Zulkieflimansyah berharap adanya penelitian terkait kesiapan SDM sebagai pendukung pengembangan wisata di KEK Mandalika ini bisa dijadikan rekomendasi bagi perumusan kebijakan Kemenparkeraf RI. ”Untuk bisa mendorong pengembangan SDM di destinasi wisata super prioritas KEK Mandalika,” ucapnya.(*)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed