by

CEO FIM David Luongo. Puji Sirkuit Samota

SUMBAWA BESAR – CEO FIM David Luongo. menyebut Sirkuit Samota merupakan tempat indah dan spektkuler. ” Ini kali kedua bagi kami mengunjungi pulau Sumbawa, lintasan sirkuit di samota ini sangat kami sukai,’’ katanya sewaktu berbicaara pad acara Welcoming Opening Ceremony MXGP 2023 di halaman kantor Bupati Sumbawa, Jum’at 23 Juni 20223.

Sumbawa merupakan tempat yang sangat spektakuler dan tempat yang indah untuk di lihat. ‘’Mari kita nikmati balapan ini,” kata David.

Balapan kuda besi itu merupakan kali kedua di Samota Sumbawa dan menjadi seri ke sepuluh gelaran MXGP musim ini, dengan peserta dari 18 Negara dengan jumlah rider 23 MXGP dan 25 MX2.

Pebalap yang datang adalah .

  1. Roman Febvre – Kawasaki Racing Team MXGP
  2. Mitchell Evans – Kawasaki Racing Team MXGP
  3. Calvis Vlaanderen – Team Gebben Van Venrooy Yamaha Racing
  4. Benoit Paturel – De Baets Yamaha MX Team
  5. Brent Van Doninck – JM Honda Racing
  6. Stephen Rubini – Team Ship to Cycle Honda Motoblouz SR
  7. Valentin Guillod – Team Ship to Cycle Honda Motoblouz SR
  8. Pauls Jonass – Standing Construct Honda MXGP
  9. Brian Bogers – Standing Construct Honda MXGP
  10. Jorge Pradi – Red Bull Gas Gas Factory Racing
  11. Mattia Giardachini – Red Bull Gas Gas Factory Racing
  12. Ruben Fernandes – Team HRC
  13. Tim Gajser – Team HRC
  14. Hordi Roosiorg – JWR Honda Racing
  15. Alvin Ostlund – WR Honda Racing
  16. Alessamdro Lupino – MRT Racing Team Beta
  17. Ben Watson – MRT Racing Team Beta
  18. Jeffrey Herlings – Red Bull KTM Factory Racing
  19. Kevins Brumann – JK Racing Yamaha
  20. Jeremy Seewer – Monster Energy Factory Team MXGP
  21. Gleen Coldenhoff – Monster Energy Factory Team MXGP
  22. MAxime Renaux – Monster Energy Factory Team MXGP
  23. Alberto Forato – SM Action Racing Team Yuasa Battery

Gubernur Nusa Tenggara Barat Zulkieflimansyah mengemukakan gelaran Motor Cross Grand Prix (MXGP) 2023 Samota Sumbawa mendapat pujian dari FIM Motocross World Championship sebagai salah satu sirkuit dengan lintasan terbaik di dunia. Selain lintasan terbaik, sirkuit Samota juga memiliki daya tarik pesona alam yang tidak dimiliki oleh sirkuit di negara lainnya. Sebut saja pulau Moyo dengan air terjunnya, serta Teluk Saleh  dengan spot hiu paus.

Ia mengatakan dirinya dua hari yang lalu berenang bersama hiu, salah satu hiu terbesar di dunia, Sumbawa memiliki wisata yang paling indah ada air terjun, indahnya terumbu karang saat menyelam di pulau Moyo.

Selain itu Zulkieflimansyah juga yakin gelaran MXGP 2023 ini tidak kalah dengan MXGP 2022, Dikarenakan selain menyuguhkan tontonan motocross para pengunjung juga dapat menikmati keindahan alam Sumbawa dengan destinasi wisata terbaiknya. ‘’Kemarin samota menjadi event dengan penonton terbanyak di  dunia, mudah-mudahan besok akan lebih banyak lagi jauh dari tahun kemarin, ” ujar Zulkieflimansyah

Setelah Samota, 24 –  25 Juni 2023 dilanjutkan di Sirkuit Bandara Selaparang Mataram,  1 – 2 Juli 2023. Menempati area berukuran 500 meter kali 144 meter memiliki 16 tikungan sepanjang 1.600 meter. ‘’Ini standar MXGP. Basic Flat Track. Sudah direkomendasi dari Infront Motor Racing  di Monaco,’’ kata Noval Adhi dari Tracking Motor Sport.(*)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed