by

BUMN Perbankan Biayai Pengembangan KEK Pariwisata Mandalika

MATARAM – Asisten Deputi Bidang Jasa Pariwisata dan Pendukung Kementerian BUMN Endra Gunawan mengatakan Mandalika International Street Circuit akan memberikan manfaat aggregat yang besar bagi Indonesia dan Nusa Tenggara Barat atau NTB.

Mengutip pernyataan Presiden Joko Widodo sebelumnya, sesuai hasil perhitungan yang diterima, MotoGP dapat menambah kunjungan wisatawan hingga 300 ribu orang per tahun. ”Ini jumlah yang signifikan guna menambah kunjungan wisatawan apalagi di masa pandemi ini,”  katanya sewaktu berbicara pada penandatanganan kekrja sama pembiayaan antara Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) dan Himpunan Bank-Bank Negara di kantornya, Jum’at 3 September 2021 sore.

Endra mengatakan Kementerian BUMN akan mengawal penyelesaian sirkuit baik aspek kualitas agar sesuai standar international, maupun ketepatan waktu penyelesaian. ITDC selain didukung Pemerintah dan BUMN dalam penyelesaian Sirkuit, juga tengah mengejar penyelesaian fasilitas pendukung di luar Sirkuit agar penyelenggaraan event berjalan dengan baik.

Kementerian BUMN mengapresiasi sinergi BUMN, dan bantuan HIMBARA untuk ITDC. Ini akan melengkapi dukungan yang telah diberikan pemerintah kepada ITDC melalui PMN tahun 2020. ”Semoga sirkuit dapat selesai pada akhir September nanti,”  ujarnya.

Mewakili Wamen BUMN II, ia bersyukur proses panjang selama 1 tahun untuk penyiapan kredit sindikasi ini akhirnya dapat selesai hari ini. Ia mengulang kembali apa yang disampaikan oleh Wamen BUMN II saat penandatanganan MoU tahun lalu bahwa pembangunan Mandalika International Street Circuit sangat penting bagi Indonesia.

Jum’at 3 September 2021 sore, PT Pengembangan Pariwisata Indonesia (Persero) atau Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) Salah menggandeng BUMN Perbankan yang tergabung dalam HIMBARA, yaitu Bank Mandiri, BNI, BRI, dan BTN, untuk terlibat dalam pembiayaan pengembangan  Kawasan  Ekonomi  Khusus  (KEK)  Mandalika, termasuk untuk pembangunan Jalan Kawasan Khusus (JKK)/Street Circuit dan pembiayaan penyelenggaraan event balap motor.

Melalui keterangan persnya yang dikirimkan Jum’at 3 Septmber 2021 malam, menyebutkan kerjasama antara ITDC dan HIMBARA ini terwujud dengan ditandatanganinya Perjanjian Fasilitas  Kredit  Sindikasi  untuk  KEK  Mandalika  oleh Direktur Utama ITDC Abdulbar M. Mansoer dan perwakilan dari masing-masing Bank Pemberi kredit, disaksikan oleh Asisten Deputi Bidang Jasa Pariwisata dan Pendukung Kementerian BUMN Endra Gunawan di Gedung Kementerian BUMN, Jakarta.

ITDC adalah BUMN pengembang kawasan pariwisata The Nusa Dua, Bali dan The Mandalika, Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika, Nusa Tenggara Barat (NTB), yang sedang fokus mempersiapkan gelaran event balap motor internasional World Superbike November 2021, Pre Season Test MotoGP pada Februari 2022, dan MotoGP pada Maret 2022.

Melalui Perjanjian ini, HIMBARA akan memberikan fasilitas kredit sindikasi berupa Kredit Investasi pembangunan JKK/Street Circuit dengan limit sebesar Rp. 400 miliar, Kredit Modal Kerja untuk persiapan penyelenggaraan WSBK dan MotoGP dengan limit mencapai Rp. 150 miliar, serta Fasilitas Non Cash Loan/SBLC dengan limit hingga EUR 14,6 juta.

Perjanjian yang ditandatangani hari ini merupakan tindaklanjut dari MoU Fasilitas Sindikasi Perbankan yang ditandatangani pada Juli tahun lalu oleh ITDC bersama PT PP dan anggota HIMBARA. Berdasarkan perjanjian tahun lalu, disepakati akan dilakukan pembangunan menggunakan skema Pre-Financed Project dalam rangka pembangunan JKK/Street Circuit di dalam kawasan Destinasi Pariwisata Super Prioritas The Mandalika, NTB.

Direktur Utama ITDC Abdulbar M. Mansoer mengatakan, “Fasilitas Kredit Investasi pembangunan street circuit dengan limit sebesar Rp. 400 Miliar tersebut akan kami manfaatkan sepenuhnya untuk memenuhi pembiayaan pembangunan dimana sebagian telah dibiayai dengan menggunakan dana PMN sebesar Rp 500 miliar yang kami terima pada 2020 lalu.

Kerjasama antar BUMN dalam bentuk fasilitas kredit yang kami terima hari ini merupakan suatu bukti komitmen solid dari BUMN serta menunjukkan kepercayaan yang tinggi atas komitmen ITDC dalam mengembangkan kawasan The Mandalika serta keseriusan kami dalam menyelenggarakan event balap motor Internasional di Mandalika International Street Circuit.”

Sebelumnya ia juga merasa sangat bangga karena Mandalika International Street Circuit terpilih sebagai venue Pre Season Test MotoGP pada Februari 2022. Ini merupakan sebuah penghargaan yang besar atas kerja keras kami. Hal ini juga menjadi tambahan semangat bagi kami agar makin fokus menyelesaikan pembangunan street circuit ini dan mempersiapkan event WSBK 12-14 November, Pre Season Test MotoGP pada Februari 2022, dan MotoGP Maret 2022 ,” ucap Abdulbar.

Pembangunan Mandalika International Street Circuit sendiri berjalan dengan lancar sesuai jadwal. Lintasan utama telah selesai dikerjakan pada 14 Agustus lalu, sementara fasilitas pendukung lainnya seperti race control, pondasi pit building dan medical center dilengkapi helipad di dalam kompleks JKK tengah dikerjakan. Secara keseluruhan, pembangunan JKK telah mencapai 96 persen dan ditargetkan rampung akhir September 2021.

Selain pembangunan fisik, ITDC juga turut mendorong pelaksanaan vaksinasi COVID-19 untuk pelaku usaha dan masyarakat di seputar kawasan The Mandalika guna memenuhi prasyarat penyelenggaraan event berskala besar. Pada Mei 2021, ITDC telah menyelesaikan vaksinasi bagi 1.200 pekerja pariwisata di The Mandalika, terdiri dari tenaga kerja perhotelan, pegawai ITDC, tenaga keamanan, petugas kebersihan, tenaga proyek, Badan SAR Nasional, dan pegawai SPBU The Mandalika.

Di luar persiapan yang dilakukan oleh ITDC, Pemerintah juga memberikan dukungan melalui Kementerian dan BUMN agar The Mandalika siap untuk menggelar event WSBK dan MotoGP. Dukungan tersebut antara lain, pembangunan akses jalan langsung/bypass sepanjang 17,39 KM dengan Right of Way (ROW) jalan selebar 50 meter dari Bandara Internasional Lombok (BIL) ke The Mandalika oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), penambahan panjang lintasan runway, upgrade kargo dan aksesibilitas, ekspansi apron dan pelebaran taxiway serta kegiatan promosi di Bandara Internasional Lombok yang dilakukan  oleh Angkasa Pura I, pengembangan fasilitas kargo dan cruise oleh Pelindo III dan ASDP, penambahan kapasitas listrik di kawasan oleh PLN, serta pembukaan rute baru bus yang melayani sejumlah wilayah di Lombok menuju The Mandalika oleh DAMRI.

Ia  meyakini keberadaan Mandalika International Street Circuit dan penyelenggaraan event balap kelas dunia akan mampu membangkitkan pariwisata Indonesia, khususnya NTB, di tengah-tengah pandemi, sekaligus menumbuhkan ekonomi masyarakat melalui penyerapan produk-produk UMKM lokal sebagai Official Merchandise MotoGP dan WSBK yang bernilai ekonomis tinggi.(*)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed