by

BTS Army Bangun Taman Laut di Pandanan Lombok

PANDANAN –  BTS Army bukan sekedar pengagum aksi boyband asal Korea Selatan. Memperingati ulang tahun BTS ke-9, 13 Juni 2022, 26 orang anak muda kebanyakan perempuan di Lombok yang tergabung dalam BTS Army melakukan kegiatan kepedulian terhadap taman laut Pandanan di Kabupaten Lombok Utara – sekitar 12 kilometer arah utara dari Senggigi Kabupaten Lombok Barat  – sebagai obyek wisata kuliner dan laut.

5 Juni 2022 lalu, mereka berada di Pandanan melakukan kegiatan transplantasi karang menggunakan media meja besi berbentuk logo BTS, Army dan BAP yang digunakan untuk mentransplantasi ratusan bibit terumbu karang. Masing – masing berukuran 1,5 meter kali satu meter. ‘’Selain itu juga membangun spot foto di bawah laut,’’ kata Ketua Project BTS Army Hardyanti Mulyani Hastuti, 21 tahun, yang kesehariannya adalah mahasiswa semester akhir jurusan Matematika Fakultas MIPA Universitas Mataram, Senin 13 Juni 2022 sore.

Anggota BTS Army di Lombok ini terdiri dari berbagai asal latar belakang studi diantaranya pendidikan dan kedokteran.

Project Taman Laut BTS sebagai bentuk persembahan dari ARMY didukung base ARMY dari berbagai Kota di Indonesia, para donatur, serta Balai Sumber Daya Pesisir dan Laut (BPSL) Denpasar dan Komunitas Penyelam Nusa Tenggara Barat (KAPELA NTB) ikut mengambil peran.

Penyediaan alat dan bahan serta fasilitas yang diperlukan untuk pelaksanaan project ini, dilakukan penggalangan dana melalui platform fundringsing kitabisa.com selama sebulan sebelum project ini berlangsung dan terkumpul donasi sebesar Rp. 13.186.380. Semua informasi mengenai project dapat diakses melalui akun Instagram resmi BTS ARMY PROJECT dengan username @btsarmy.project.

Menurut Ketua Kelompok Masyarakat Pengawas Taman Laut di Pandanan Kabupaten Lombok Utara H Muhammad Syukur,  taman laut Pandanan ini luasnya sekitar lima hektar. ‘’Di sini banyak ikan hiasnya. Kegiatan peduli lingkungan laut BTS Army itu kami respon,’’ ujar Syukur.  Di lokasi tersebut dibutuhkan diperlukan pemulihan kembali terumbu karang yang rusak akibat cuaca.

Mereka mengandalkan taman laut sebagai obyek wisata yang setiap akhir pekan menjadi pilihan tempat rekreasi sambil menikmati kuliner ikan bakar di 28 lapak yang dikelola warga setempat. Pengunjungnya bisa mencapai dua ratus orang dalam sehari.

Kepedulian BTS Army, dikatakan Hardyanti Mulyani Hastuti, ekosistem terumbu karang merupakan habitat penting bagi biota laut yang perlu dijaga dan dilestarikan bersama. Terumbu karang selain sebagai tempat tinggal ikan dan makhluk laut lainnya juga berfungsi menahan dan memperlambat arus ombak yang datang ke pesisir. Ini bermanfaat untuk mencegah erosi pantai dan mengurangi dampak jika terjadi gelombang besar seperti tsunami.

Ia menilai Pandanan sebagai taman wisata bahari dijadikan pilihan meramaikan ulang tahun BTS di Lombok yang malam nanti, Senin 13 Juni 2022 akan ngumpul private di Café Upnormal sambil menonton konser online. Sebagai bagian dari puncak perayaan ulan tahun BTS, bahkan rencananya 19 Juni 2022 mendatang sudah 140 orang anggotanya memberikan konfirmasi hadir di Hotel Puri Indah Mataram.

Alasan mereka mengagumi boy band BTS asal Korea Selatan karena kebangkitannya dari kemiskinan bisa melaju populer teratas di dunia.  ‘’Kenapa suka BTS. Intinya bisa nomor satu di dunia, miskin dan tempat kerja dari bace camp pernah diusir. Benar – benar susah. Mereka butuh waktu dua tahunan bisa dikenal,’’ ucap Hardyanti Mulyani Hastuti.(*)

 

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

News Feed