by

BPS Survey Dampak Ekonomi MXGP

MATARAM – Badan Pusat Statistik Provinsi Nusa Tenggara Barat (BPS NTB) sebagai lembaga pengolahan data melakukan kajian terkait seberapa besar dampak ekonomi pada kegiatan Kejuaraan Dunia MotoCross (MXGP) di Sirkuit Samota Sumbawa Besar, 24 – 26 Juni lalu. Sebanyak 29 orang surveyor dengan jumlah responden yang terealisasi 581 responden.

Gubernur NTB Zulkieflimansyah berharap agar data yang dikelola BPS segera terkumpul, sehingga hasilnya dapat memberikan motivasi semangat kepada daerah – daerah lain untuk menyelenggarakan event internasional. “Studi kita ini, betul – betul menciptakan pelecut semangat kepada semua daerah,” kata Zulkieflimansyah saat mengunjungi secara langsung Kantor BPS Provinsi NTB, Kamis 30 Juni 2022.

Komandan Lapangan MXGP Indonesia, Ridwansyah mengatakan bahwa data – data yang dikelola BPS dapat memberikan motivasi bagi pemerintah daerah lain. “Dengan adanya angka angka ini, kami yakini dapat memberikan motivasi bagi Pemerintah daerah lain, karena setiap daerah memiliki destinasi yang bisa layak untuik dibuatkan event – event internasional,” ujarnya.

Ridwansyah menyebutkan adanya data – data yang diolah dapat mengukur dampak perekonomian daerah. “Adanya data ini kita bisa mengukur, masa pandemi ternayata event – event seperti ini mampu mengungkit ekonomi didaerah,” ucapnya.

Kepala BPS NTB Wahyudin menjelaskan bahwa kajian ini dilakukan dengan sinergitas seluruh stakeholder, sehingga survey dilapangan dapat berjalan lancar. “Alhamdulillah, selama penyelenggaraan kemarin, teman – teman dari BPS Provinsi NTB, BPS Sumbawa dan ditambah surveyer sebanyak  20 surveyer yang direkrut oleh Pemda Sumbawa, sehingga terkumpul sebanyak 581 responden dari target kami 560 jadi melampaui dari target,” katanya.

Di tempat terpisah, Wakil Gubernur NTB Ssitti Rohmi Djalilah menyebutkan Sirkuit Mandalika membawa optimisme baru bagi pertumbuhan kawasan dalam daerah NTB maupun regional Bali dan Nusa Tenggara sebagai lokomotif pemulihan pariwisata nasional.

Sitti Rohmi Djalilah berbicara pada webinar Series Departemen Teknik Infrastruktur Sipil) (DTIS)  Fakultas Vokasi Institut Teknologi Sepuluh Nopember ke-8 di Ruang Kerja Wakil Gubernur, Mataram, Kamis 30 Juni 2022.

Rohmi menjelaskan terdapat banyak dampak positif yang diberikan  dengan kehadiran Sirkuit Mandalika ini. Pemerintah NTB pun juga optimis memasang target akibat dampak positif tersebut.

Kehadiran Destinasi Pariwisata Super Prioritas (DPSP) Mandalika, NTB optimis dapat mempercepat ‘’Penurunan kemiskinan, pertumbuhan ekonomi yang lebih progresif  dan IPM meningkat,” ujarnya.

Dalam paparannya juga mengungkapkan NTB, tak hanya Sirkuit Mandalika, saat ini NTB memiliki sport tourism yang bervariatif. Selain penyelenggaraan WSBK dan MotoGP di Sirkuit Mandalika, terdapat MXGP di pulau Sumbawa tepatnya di Sirkuit Rocket Motor MXGP Samota. Hal ini pula yang menempatkan sport tourism menjadi salah satu destinasi unggulan pariwisata yang dimiliki oleh Provinsi NTB.  “Sport Tourism sebagai destinasi unggulan pariwisata di Provinsi NTB,” ucapnya.

Sitti Rohmi Djalilah yang juga alumni Institut Teknologi Sepuluh Nopember ini (ITS) Surabaya ini tak henti-hentinya mengajak seluruh mahasiswa, dosen hingga alumni ITS untuk datang dan menikmati indahnya NTB. Dimana NTB memiliki dua pulau yaitu Pulau Lombok dan Sumbawa yang memiliki destinasi-destinasi yang tak kalah indah dan menariknya dengan daerah lain di Indonesia.bahkan mancanegara.(*)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

News Feed