by

Bio Farma Memperluas Pasar Global

BANDUNG – Bio Farma terus mengembangkan bisnisnya di pasar global dengan mencari global partner potential. Hannover Messe 2023 menjadi bukti kiprah Bio Farma di kancah internasional, serta membuka peluang kerjasama khususnya industri farmasi dan kesehatan.

Direktur Utama Bio Farma, Honesti Basyir menyampaikan bahwa Bio Farma menampilkan dua inovasi digital unggulan yaitu Medtrack & Medwell. Melalui digitalisasi Medtrack, Bio Farma telah mendistribusikan lebih dari 400 juta dosis vaksin Covid-19 serta melacak secara real time pengiriman ke seluruh penjuru daerah di Indonesia serta memastikan keaslian produk vaksin yang diterima oleh masyarakat. Sedangkan Medwell, suatu platform virtual kesehatan, yang dibuat sesuai kebutuhan individu. ‘’Fitur lengkap mulai dari pemantauan kondisi kesehatan, kebugaran, hingga pelacakan aktivitas sehari-hari” katanya, Kamis 27 April 2023.

Selain itu, Bio Farma juga berkontribusi  menjadi narasumber konferensi Indonesia’s Business Meeting: Opportunities and Prospects for the development of health sector industries, rangkaian kegiatan Hannover Messe, yang diikuti oleh berbagai audiens International.

Bio Farma sebagai holding BUMN Farmasi tengah mendorong transformasi digital yang bertujuan untuk menciptakan business value yang lebih optimal, melalui empat strategi, pertama operational excellence pada lini operasi bisnis untuk meningkatkan efisiensi, kedua meningkatkan revenue melalui produk Kesehatan digital, ketiga customer experience terhadap stakeholder terkait (Kemenkes, rumah sakit, klinik, dan apotek), dan keempat melalui percepatan Research and Development. ‘’Dengan adanya transformasi ini, Bio Farma Group siap untuk bermitra dengan partner global dan membuka peluang baru,’’ ujarnya.

Hannover Messe merupakan pameran internasional tahunan terbesar di sektor teknologi industri yang akan menjadi tempat untuk mempromosikan inovasi dan mengembangkan jejaring kerja. Hannover Messe dihadiri lebih dari 550 exhibitors dari berbagai negara, 200.000 pengunjung internasional dan menghasilkan sekitar 6,5 juta kontak bisnis.

Bio Farma bersama 15 BUMN lainnya turut berpartisipasi dalam pameran industri terbesar di dunia ini. Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) bersama dengan PM Jerman Olaf Scholz turut hadir dalam pembukaan Hannover Messe 2023 didampingi Menteri BUMN, Erick Thohir. Indonesia menjadi Official Partner Country pada penyelenggaraan Hannover Messe yang dilaksanakan pada 17-21 April 2023 di Hannover, Jerman.

Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) dalam sambutannya saat menghadiri upacara pembukaan Hannover Messe 2023, menyampaikan bahwa Indonesia sangat terbuka untuk investasi dan kerja sama, diantaranya dalam hilirisasi industri dan ekonomi hijau. “Indonesia tidak sedang menutup diri, justru kami sangat terbuka untuk investasi dan kerja sama dalam membangun industri hilir di Indonesia” katanyan.

Pada salah satu rangkaian agenda Hannover Messe 2023, Menteri BUMN, Erick Thohir turut mendampingi Presiden Joko Widodo dalam jamuan makan malam dengan Kanselir Jerman, Olaf Scholz. Erick menyampaikan bahwa pada pertemuan tersebut membahas kerjasama Indonesia-Jerman.  “Kami membahas mengenai kerja sama ekonomi Indonesia-Jerman, dan negara Eropa lainnya untuk mendorong pertumbuhan industri di Indonesia, yang berorientasi ekspor, energi terbarukan, dan hilirisasi,” ujarnya.(*)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed