by

BI NTB Terapkan Pola Tanam Semai Kering

SEMBALUN – PT Pengembangan Pariwisata Indonesia/Indonesian Tourism Development Corporation (ITDC) berkolaborasi dengan Asosiasi Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) Mandalika menggelar program Community Collaboration di Bazaar Mandalika, kawasan The Mandalika pada Sabtu, (24/2).

Program Community Collaboration ini, menjadi wadah untuk menggali, menguatkan, serta mengasah keterampilan dan kreativitas masyarakat atau pelaku UMKM lokal yang tergabung dalam Asosiasi UMKM Mandalika.

Salah satu kegiatan dalam program Community Collaboration adalah Cooking Class dengan tema “How to Bake Pastry”, yang dipandu oleh Chef Khaeruddin Umar. Kegiatan ini memberikan pelatihan praktis dalam membuat pastry, kepada para pelaku UMKM dan pengunjung Bazaar Mandalika. ‘’Dalam kegiatan ini, tercatat sebanyak 45 peserta hadir untuk mempelajari teknik-teknik membuat pastry,’’ katanya..

PGS. General Manager The Mandalika Wahyu M. Nugroho menyatakan, “Program Community Collaboration ini, bertujuan sebagai pemicu crowd puller di Bazaar Mandalika. Melalui program ini, diharapkan dapat memberikan dorongan positif bagi pertumbuhan dan perkembangan UMKM lokal setempat. Dengan demikian, program ini tidak hanya sekadar kegiatan sharing, Ketua Kelompok Tani Ai Amit, A. Hamid menjelaskan bahwa penggunaan metode semai kering yang dilakukan memiliki beberapa keunggulan. Antara lain, efektif dalam penggunaan benih, mengurangi biaya tenaga kerja, hemat air, memotong rantai pola tanam.  tetapi juga sebagai sebuah upaya nyata untuk menggerakkan dan memajukan sektor ekonomi UMKM lokal di kawasan The Mandalika.”.

Kerjasama dan antusiasme dari pelaku UMKM lokal, diharapkan dapat meningkatkan pengembangan diri dan memberikan dampak positif bagi Asosiasi UMKM Mandalika secara keseluruhan dan berkelanjutan. Kesempatan untuk bertukar pengalaman, strategi pemasaran, dan bahkan menjajal inovasi dalam pengembangan produk, bermanfaat untuk memperkuat Asosiasi UMKM lokal, mendorong sinergi antar-pelaku usaha, serta merajut kerjasama yang berkelanjutan untuk peningkatan perekonomian masyarakat.

Ketua Asosiasi UMKM Mandalika Sri Sofiati menyatakan, melalui kerjasama ini, diharapkan dapat meningkatkan kualitas dan terus berinovasi dalam pengembangan produk. Ia dan anggotanya akan terus berpartisipasi aktif dalam upaya pengembangan ekonomi lokal, serta membangun sinergi yang kuat dengan berbagai pihak untuk mencapai kemajuan bagi Asosiasi UMKM Mandalika.

Mereka menyampaikan terima kasih kepada semua pihak yang terlibat dan telah hadir dalam program ini. ‘’Semoga kesempatan ini, dapat dimanfaatkan sebaik mungkin oleh semua peserta dan keterampilan yang telah dipelajari dapat menjadi modal berharga dalam pengembangan UMKM lokal, melalui pengembangan produk pastry. ITDC membuka kesempatan bagi semua pihak yang tertarik untuk ikut serta dalam program community collaboration, sehingga program ini dapat terus berlangsung secara berkelanjutan, dan memberikan manfaat positif bagi pengembangan The Mandalika,” ujar Wahyu.(*)