by

BI NTB Sukseskan Transaksi World Superbike dan MotoGP

MATARAM – Tinggal menghitung jari penyelenggaraan kejuaraan balap motor World Superbike (WSBK) yang akan berlangsung di Pertamina Mandalika International Street Circuit, Mandalika, Lombok, 19-21 November mendatang.

Gubernur Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) mengeluarkan Surat Keputusan No.426-3-621 Tahun 2021 tanggal 2 November 2021 perihal Panitia Daerah WSBK 2021 dan MotoGP 2022. Berdasarkan SK tersebut Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Nusa Tenpgara Barat ditunjuk sebagai Koordinator Bidang Fasilitas Jasa Keuangan dan Kemudahan Transaksi.

Sebagai koordinator Bank Indonesia dibantu oleh beberapa anggota antara Iain Kepala OJK Provinsi NTB, Kepala Biro Perekonomian Setda Prov. NTB, Kepala Bappenda Prov. NTB, Kepala Diskominfotik Prov. NTB, Ketua Himbara NTB, Kepala Perbamida NTB, Ketua Forum CSR NTB, PT ITDC dan Bank NTB Syariah

Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi NTB, Heru Saptaji menyampaikan bahwa Bank Indonesia telah melakukan koordinasi secara intensif dengan seluruh perbankan, penyedia jasa pembayaran (PJP) dan Asosiasi Pedagang Valuta Asing (APVA) di wilayah Provinsi Nusa Tenggara Barat untuk mempersiapkan fasilitas layanan transaksi keuangan yang memadai.

Sampai dengan sekarang telah tersedia sebanyak 26 unit mesin ATM yang tersebar di area KEK Mandalika dan akan dilakukan penambahan lagi sebanyak tujuh unit mesin ATM oleh beberapa Bank, 18 agen bank dan akan ditambah lagi sebanyak delapan, sehingga totalnya menjadi 26 agen bank. ”Mereka yang akan memberikan pelayanan optimal kepada seluruh peserta maupun pengunjung WSBK 2021,” katanya sewaktu bersilaturahmi dengan pengurus Forum Wartawam Ekonomi dan Bisnis NTB di Restoran Dapoer Sasak, Senin 8 Nopember 2021 siang.

Selain itu, Bank Indonesia dan beberapa bank juga akan menyediakan sembilan unit mobil kas keliling dan ATM pada saat hari pelaksanaan kegiatan sehingga kebutuhan uang tunai masyarakat dapat terpenuhi dengan kualitas prima.

Selanjutnya, Bank Indonesia jupa mendoronp seluruh masyarakat untuk melakukan transaksi keuangan secara non tunai agar lebih aman dan praktis terutama di tengah pandemi sehingga sampai saat ini di area KEK Mandalika telah tersedia merchant yanp dapat melayani transaksi QRIS sebanyak 396 dan akan ditambah lapi sebanyak 316.  Sehingga totalnya akan menjadi 712 di kawasan tersebut. Selain itu sebanyak 389 merchant telah memiliki mesin EDC dan akan ditambah menjadi 399 seiring kebutuhan dan komitmen masyarakat dan PJP.

Mengenai penyediaan layanan penukaran valuta asing telah tersedia sebanyak tiga kantor money changer di area KEK Mandalika. Ditambah lagi dengan beberapa hotel di KEK Mandalika juga telah melakukan kerjasama dengan penyelenggara kegiatan usaha penukaran valuta asing bukan bank (KUPVA BB) di NTB untuk memberikan layanan penukaran valuta asing bagi tamu hotel atau wisatawan.

Menurut Heru Saptaji, pelaksanaan WSBK ini perlu untuk didukung secara maksimal mengingat event ini dapat menjadi momentum pertumbuhan ekonomi NTB lebih dari 1 tahun terganggu oleh wabah covid- 19 dan keberhasilan event WSBK 2021 tidak terlepas dari peran institusi keuangan melalui penyediaan sarana pendukung transaksi keuangan yang cepat, mudah, murah, aman, dan handal. Oleh karena itu, Bank Indonesia bersama seluruh institusi keuangan siap menyukseskan gelaran WSBK 2021 dan MotoGP 2022 yang menjadi jendela informasi di tataran lingkup dunia nantinya.(*)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed