by

BI NTB Siapkan Uang Tunai Rp 4,3 Triliun

MATARAM – Menjelang Ramadhan 1444 H, kali ini Bank Indonesia Perwakilan Nusa Tenggara Barat (BI NTB) menyelenggarakan serangkaian kegiatan yang dikemas dalam rangkaian Semarak Rupiah Ramadhan dan Berkah Idul Fitri (SERAMBI) yang mengambil tema “Paham Rupiah: Belanja Bijak”.

Rangkaian SERAMBI Tahun 2023 diawali dengan Tahrib Ramadhan yang dirangkaikan dengan Edukasi CBP (Cinta Bangga Paham) Rupiah dan Kick off Layanan Penukaran Uang Rupiah pada tanggal 20 Maret 2023 yang dibuka secara resmi oleh Wakil Walikota Mataram, Tuan Guru Haji (TGH) Mujiburrahman dan dihadiri oleh lebih dari 600 siswa/siswi, santri/santriwati dari sejumlah Madrassah dan Pondok Pesantren, mahasiswa sejumlah perguruan tinggi di Kota Mataram dan pimpinan perbankan serta tauziah yang disampaikan oleh Ketua MUI Kota Mataram TGH Ahmad Muammar Nasrullah.

Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi NTB, Heru Saptaji dalam sambutannya menyampaikan bahwa di tengah kondisi pandemi Covid 19 yang saat ini telah beralih ke endemi, menjadi harapan bahwa di bulan Ramadhan dan Hari Raya tahun ini dapat dilalui dengan lebih baik, aman dan nyaman. ‘’Performance ekonomi Provinsi NTB pada tahun 2020-2022 di tengah kompleksitas tantangan ekonomi yang tidak mudah juga telah berhasil kita lewati, tercermin dari pertumbuhan ekonomi NTB yang terus bergerak tumbuh positif mencapai 6,95 persen di tahun 2022.  ‘’Tentunya patut kita syukuri untuk menyambut masa-masa yang akan datang agar jauh lebih baik lagi,” kata Heru Saptaji.

Wakil Walikota Mataram TGH Mujiburrahman menyampaikan apresiasinya kepada Bank Indonesia atas terselenggaranya program SERAMBI, karena dengan adanya program ini, warga NTB dapat memanfaatkan momentum Ramadhan untuk berbagi dengan uang yang layak edar dan dengan jumlah yang sesuai. ‘’Kebutuhan uang rupiah kecil ini selalu tumbuh setiap tahun. ‘’ ujarnya.

Untuk memenuhi kebutuhan masyarakat menyambut bulan suci Ramadan dan Idul Fitri 1444 H, KPw BI NTB telah menyiapkan uang kartal yang mencapai Rp4,30 triliun, dengan jumlah Uang Pecahan Besar (UPB) Rp100 ribu s.d Rp50 ribu sebesar Rp3,99 triliun dan Uang Pecahan Kecil (UPK) ≤Rp20 ribu sebesar Rp307 miliar. Jumlah tersebut sangat siap untuk memenuhi kebutuhan masyarakat pada Ramadhan hingga Lebaran nanti yang diproyeksikan mencapai Rp3,32 triliun, meningkat 15,2 persen dibandingkan Ramadhan tahun lalu.

Guna memastikan kebutuhan uang tunai di masyarakat terpenuhi hingga ke seluruh pelosok, Bank Indonesia juga telah menjadwalkan layanan penukaran uang kepada masyarakat sebagai berikut:

Kegiatan kas keliling yang berlokasi di 8 titik layanan di luar Kota Mataram, diantaranya: Rute Tanjung Luar – Kayangan, Rute Kruak-Sakra-Selong, Rute Tanjung-Senaru-Bayan, Rute Gerung-lembar, Rute Pelabuhan Kayangan, Pelabuhan Pototano, Rute Taliwang-Maluk hingga Rute Sanggar-Dompu.

Layanan kas keliling di dalam kota Mataram yang dipusatkan di area parkir Islamic Centre yang merupakan sinergi BI bersama perbankan setiap hari kerja 6 – 20 April 2023.

 Meningkatkan layanan pemenuhan/penukaran uang tunai khususnya Uang pecahan Kecil (UPK) dari 100 titik menjadi 116 titik jaringan kantor bank di seluruh kabupaten/kota yang bertujuan untuk mempermudah masyarakat memperoleh akses layanan pemenuhan uang tunai khususnya Uang Pecahan Kecil (UPK). Hal ini juga sebagai bentuk menjalankan mandat Undang-Undang No.7 Tahun 2011 dimana seluruh bank yang beroperasi di wilayah NKRI berkewajiban melayani penukaran uang kepada masyarakat.

Menyelenggarakan edukasi CBP (Cinta Bangga Paham) Rupiah yang berkolaborasi dengan tokoh agama, pegiat ekonomi dan keuangan syariah. Mencanangkan “Paham Rupiah: Belanja Bijak” sebagai bagian dari program edukasi “CBP (Cinta Bangga dan Paham Rupiah)” yang bertujuan mengajak masyarakat agar makin bijak menggunakan Rupiahnya dalam bertransaksi, tidak berlebihan dan sesuai kemampuan sehingga fluktuasi harga barang akibat meningkatnya uang yang beredar selama Ramadhan dapat lebih terkendali.(*)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed