by

BI Mulai Gelar Karya Kreatif Indonesia di Kuta Mandalika

JAKARTA – Bank Indonesia (BI) terus bersinergi mendukung pemerintah mensukseskan Gerakan Nasional  Bangga Buatan Indonesia (BBI) dan Bangga Berwisata #DiIndonesiaAja (BWI).

Komitmen tersebut  antara lain diwujudkan melalui penyelenggaraan Karya Kreatif Indonesia (KKI) 2021 seri 1 yang digelar pada  3-31 Maret 2021 di Lombok dan turut disiarkan secara virtual.

Gubernur BI Perry Warjiyo sewaktu membuka KKI 2021 seri 1 hari ini,  menyampaikan empat hal yang akan didorong  dalam KKI 2021 seri 1 sebagai bagian dari dukungan terhadap Gernas BBI dan BWI.

Pertama,  tema KKI 2021 seri 1 dengan tagar #EksotismeLombok untuk mendorong pariwisata dan UMKM  dari Nusa Tenggara Barat. Kedua, memperluas penggunaan QR Code Indonesian Standard (QRIS)  ke seluruh Indonesia dengan menggerakkan 46 Kantor Perwakilan BI di dalam negeri, khususnya  meningkatkan pengunaan QRIS Tanpa Tatap Muka (TTM). Ketiga, mengunggah produk-produk  UMKM ke dalam platform digital e-katalog. Melalui e-katalog dan pembayaran yang mudah  menggunakan QRIS, masyarakat semakin mudah mendapatkan akses menjangkau produk  UMKM. Keempat, sinergi dalam mensukseskan Gernas BBI dan BWI.

Pada kesempatan yang sama, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut  Binsar Panjaitan, mengapresiasi langkah BI mendukung kesuksesan Gernas BBI dan BWI melalui  implementasi QRIS dengan target 12 juta merchant pengguna QRIS di tahun 2021.

Menteri  Koperasi dan UKM Teten Masduki, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahudin Uno, serta Menteri Komunikasi dan  Informatika Johnny Gerard Plate turut memberikan testimoni mengenai keunggulan UMKM dan pariwisata Indonesia.

Untuk mendorong kemajuan pariwisata daerah, dalam kesempatan acara, BI juga menyerahkan  bantuan Program Dedikasi untuk Negeri untuk pengembangan desa wisata hijau Bilebante.  Bantuan diserahkan langsung oleh Deputi Gubernur BI, Doni P. Joewono.

Berbeda dibandingkan penyelenggaraan KKI pada tahun sebelumnya, penyelarasan kegiatan KKI  2021 dengan Gernas BBI dan BWI bertujuan memberikan nilai tambah dan dampak yang lebih  besar dalam mendukung kemajuan UMKM.

KKI 2021 berfokus pada penguatan peran daerah  dalam mempromosikan produk-produk UMKM, perluasan cakupan UMKM yang difasilitasi  (binaan dan non binaan), dan perluasan jangkauan promosi produk UMKM hingga luar negeri  melalui edukasi dan webinar potensi pasar global kepada UMKM, business matching; serta  fasilitasi keikutsertaan UMKM pada pameran/showcase.

KKI 2021 seri 1 diikuti oleh 421 UMKM yang berpartisipasi dalam pameran produk virtual/online  yang terdiri dari 136 pengrajin kain/fashion, 145 pengusaha makanan dan minuman, 92 pelaku  kriya, dan 48 UMKM Kopi. Selain itu, sebanyak 678 UMKM juga turut berpartisipasi dalam  pameran fisik melalui 46 Kantor BI di dalam negeri. BI mengajak masyarakat untuk menghadiri  berbagai rangkaian kegiatan KKI secara virtual melalui website www.karyakreatifindonesia.co.id.

Dalam hal masyarakat ingin melihat produk UMKM Binaan BI, BI menyediakan menu katalog dan  kontak pada website KKI. (*)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed