by

Besok Transaksi Solar Se-NTB Wajib Pakai QR Code

MATARAM – Setelah sukses dilaksanakan di Jawa Timur dan Bali, Pertamina Patra Niaga Area Jatimbalinus kembali melaksanakan implementasi secara menyeluruh Program Subsidi Tepat untuk pembelian Biosolar dengan menggunakan QR Code.

Hal ini tentunya sangat dinantikan masyarakat setelah sosialisasi program tersebut dilakukan kepada masyarakat di wilayah Nusa Tenggara Barat sejak Agustus 2022. Jumlah kendaraan yang telah terdaftar hingga 20 Februari 2022 sebanyak 49.840 kendaraan yang terdiri atas 16.364 kendaraan mesin diesel (Solar) dan 33.530 kendaraan mesin bensin (Pertalite).

Area Manager Communication, Relations & CSR Pertamina Patra Niaga Regional Jatimbalinus, Deden Mochammad Idhani menyampaikan perluasan pembelian Solar Subsidi dengan menggunakan QR Code di wilayah Nusa Tenggara Barat ini akan mulai diterapkan pada 21 Februari 2023. “Penerapan pembelian Solar JBT (bersubsidi) akan dilaksanakan di 10 Kota/Kabupaten se- Nusa Tenggara Barat, untuk itu kami menghimbau kepada masyarakat untuk segera mendaftarkan kendaraannya,” katanya.

Pada implementasi program Subsidi Tepat ini  Pertamina melakukan pemeriksaan dan pencocokan data, termasuk penentuan konsumen mana yang berhak sesuai Perpres 191/2014.  “Program ini bertujuan melindungi hak masyarakat penerima Subsidi,” sambung Deden.

Bagi masyarakat yang sudah mendapatkan QR Code atau sudah terdaftar di website Subsidi Tepat, bisa membeli Solar subsidi dengan volume sesuai dengan SK BPH Migas No. 04/P3JBT/BPH Migas/KOM/2020 yakni 60 liter per hari untuk roda 4 pribadi, 80 liter per hari untuk roda 4 angkutan barang dan umum dan untuk angkutan barang dan umum roda 6 atau lebih dibatasi maksimal 200 liter per hari per kendaraan.

Masyarakat yang belum memiliki QR Code atau belum terdaftar akan tetap dilayani pembelian Solar subsidi namun dengan volume yang diatur yakni maksimal 20 liter/hari dan dilakukan pencatatan nomor polisi kendaraan di mesin EDC SPBU.

Pendaftaran dapat dilakukan melalui 3 cara sebagai berikut:

  1. Kapan saja dan dimana saja melalui website subsiditepat.mypertamina.id

 

  1. Bagi yang literasi digitalnya kurang maupun ingin berkonsultasi dapat langsung datang ke Booth Pendaftaran/Helpdesk Subsidi Tepat yang ada di SPBU terdekat.

Pertamina juga menyiagakan petugas di lebih dari 1300 booth pendaftaran yang bisa membantu masyarakat melengkapi data dan dokumen di website. Satu QR Code berlaku untuk satu kendaraan. QR Code dapat dicetak tanpa handphone untuk bertransaksi di SPBU.

Digitalisasi proses distribusi BBM merupakan syarat penugasan penyalur Subsidi oleh BPH Migas dalam Peraturan BPH No.60/61 108 tahun 2021. “Beberapa manfaat lain antara lain antrian kendaraan berkurang, ketersediaan stok lebih terjamin dan subsidi makin tepat sasaran,” ucap Deden.

Untuk mendukung kelancaran penerapan implementasi secara menyeluruh (Full Cycle) Program Subsidi Tepat untuk pembelian Jenis BBM Tertentu (JBT) Solar Subsidi ini, Pertamina Patra Niaga Region Jatimbalinus juga melakukan koordinasi dengan Pemerintah Daerah setempat serta aparat Kepolisian terkait di wilayah Nusa Tenggara Barat. Program ini direspon baik oleh kedua belah pihak dan menyatakan dukungannya untuk kegiatan implementasi ini berjalan lancar agar subsidi dapat tepat sasaran dan membantu mengurangi kasus – kasus penyalahgunaan BBM subsidi.(*)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *