by

Berwisata Sepeda Terbang di Gunung Kukus

JURIT BARU – Bisa disebut uji nyali untuk menjalani atraksi bersepeda di atas tanah ini. Berada di ketinggian meter dari tanah, pengunjung bisa bersepeda melintasi bentangan kawat sling baja 13 sejauh 50 meter. Sebagai pengaman pengendara sepeda ontelnya menggunakan tali yang digantung di kawat di atasnya yang berjarak 1,80 meter..

Bentangan kawatnya dimulai dari ketinggian dua meter dan ketinggian di tempat finishnya sekitar 6 meter sesuai kontur tanahnya di lokasi. ‘’Sambil mengayuh sepeda ada yang teriak karena leger (bahasa Sasak : takut).dan gemeteran,’’ kata Ketua Kelompok Sadar Wisata Lembah Selatan Jamaludin, Sabtu 14 Mei 2022.

Untuk naik sepeda terbang ini dipungut tariff Rp 15 ribu. Namun diberikan  sajian tuak manis (air gula aren) segelas. Adanya sepeda terbang ini, meneurut Jamaludin, kali pertama ada di Nusa Tenggara Barat. Bikin sensasi baru ini hasil bincang bincang ngopi sesama teman teman Pokdarwis tercetus lah ide seperti itu malah ada sensasi baru lagi yang kami baru bikin mingu kedepan ini.

Keberadaan wisata sepeda terbang ini di lokasi Bukit Gunung Kukus yang memiliki ketinggian 940 meter di atas permukaan laut berada di Dusun  Banok Desa Jurit Baru Kecamatan Pringgasela – sekitar 60 kilometer arah timur dari kota Mataram.

Dalam kawasan seluas 40 hektar yang terdapat lima air terjun di tersebut dilaunching sebagai area wisata outbond yang memiliki lintasan jelajah 1,5 kilometer dari batas hutan bisa dijadikan camping ground atau area kemah yang dilengkapi fasilitas MCK.

Adapun nama-nama air terjunnya Sekedok, Gunung Kukus, Keberuntungan, Sikembel, Dumila. Kelima air terjun terjun tersebut memiliki nilai historis dan mistiknya yang tidak boleh dilakukan masyarakat.

Sebelumnya, seorang pengajar Politeknik Pariwisata Lombok Adhi Yulianto yang hadir pada pembekalan kelompok sadar wisata atau pokdarwis Lembah Selapan itu mengagumi pemandangannya sangat bagus sekali. ‘’Cakep sekali tempatnya. Udaranya sejuk seekitar 15 derajat. Di sana bisa menikmati view sunset,’’ katanya.

Gunung Kukus memiliki keteduhan dari tutupan pohon mahoni, beringin dan  sonokeling yang merupakan hasil penanaman kembali hutan heterogen yang sebelumnya pernah mengalami kerusakan. Untuk menjangkau puncaknya hanya memerlukan perjalanan kaki sekitar 150 meter.

Ketua Pokdarwis Lembah Selatan Jamaludin menyatakan siap untuk memenuhi permintaan paket liburan di sana. ‘’Kami mengembangkan edukasi budaya dan menjual paket agro wisata campng ground,’’ ucapnya sewaktu baru turun dari Gunung Kukus, Selasa 29 Maret 2022 malam.

Waktu itu ada dua komunitas yang jumlah pesertasnya 72 orang memilihnya berkegiatan dan seterusnya tiga komunitas telah registrasi untuk berkegiatan setelah bulan Ramadhan. ‘’Kami juga merancang bersepeda gunung di sini,’’ kata Jamaludin.

Yang sudah dilakukan Lembah Selatan adalah melayani paket cooking club atau belajar memasak di alam terbuka yang diikuti oleh wisatawaan mancanegara dengan menu local Ranten Pakis atau pakis yang enak di makan. Selanjutnya melihat proses pengambilan air nira dan sekaligus pembuatan gula semut ekstra jahe yang menggunakan bahan utama gula aren.

Jamaludin pun menyebutkan adanya paket agrowisata tentang bagaimana pengunjung ikut belajar menanam vanila, proses pengawinannya vanila, teh vanilla, kopi vanilla .dan agro wisatanya mengenalkan bagaimana pembuatan jus nanas dan avokat pisang sale.

Selain itu juga memperkenalkan paket Jungle In yang meliputi memperkenalkan hutan rimba Juga pengunjung diajak menghayati dan mendengar semua keadaan alam mulai dari jangkrik, celepuk atau sejenis burung yang hanya ada di Rinjani. ‘’Itu ciri khas di Lombok yang hanya ada di dalam kawasan Rinjani,’’ ujar Jamaludin..(*)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

News Feed