by

Berwisata Bahari di Pantai Elak Elak di Sekotong Lombok

SEKOTONG – Panorama alam berupa pantai dengan pasir putih yang terhampar luas dari selatan hingga utara menjadikan Pantai Elak Elak sebagai destinasi primadona dan menarik dikunjungi. Selain hamparan pasir putih yang menarik hati, pantai Elak Elak yang terletak di ujung barat pulau Lombok ini memiliki ombak atau gelombang yang tenang.

Hal ini menjadikan Pantai Elak Elak yang terletak di Kecamatan Sekotong, Lombok Barat ini sebagai lokasi wisata sangat favorit masa depan untuk berlibur dan berkunjung bersama keluarga.

Hamparan pasir putih yang begitu menggoda menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan untuk berkunjung ke tempat ini bersama putra dan putrinya. Anak anak bisa berenang dipantai dengan aman karena pantainya terletak di teluk dan dikelilingi oleh pulau pulau kecil dengan pemandangan yang sangat indah.

Pantai ini telah dilengkapi dengan berbagai fasilitas penunjang seperti toilet umum, berugak (tempat duduk-duduk khas Sasak di Lombok), dan fasilitas lainnya sehingga wisatawan merasa nyaman berwisata.

Seorang wisatawan asal Jakarta, Zaki mengaku senang berkunjung ke Elak-elak. “Tidak menyesal ke sini, ” ujarnya. Menurutnya, ombaknya tenang dan aman tidak ada gelombang jadi untuk mandi kita tidak khawatir.

Menurut ketua Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Sekotong Barat M. Yani Aji Sujana, pantai Elak Elak ini masih sangat alami dan hal ini terus dipertahankan sebagai identitas pantai dengan panorma alam terindah dan ombak yang sangat tenang.

Pokdarwis bersama Pemerintah Kabupaten Lombok Barat telah menyiapkan berbagai sarana untuk memberikan pelayanan terbaik bagi wisatawan. Pokdarwis juga telah menyiapkan regu penyelamat pantai agar wisatawan merasa renang. “Pantai Elak Elak ini memiliki ciri khas dan unik karena ombaknya sangat tenang dan dikelilingi oleh pulau pulau kecil” ujarnya.

Untuk berkunjung ke pantai Elak – Elak ini, pengunjung hanya memerlukan waktu satu jam dari Kota Mataram dan 45 menit dari Pelabuhan Feri Penyeberangan Lembar dari arah Bali serta 80 menit dari Bandara Internasional Lombok. Akses jalannya sudah sangat baik dan beraspal halus atau hotmix.

Di Pantai ini juga pengunjung bisa menikmati suguhan khas berupa kelapa muda, seafood dan pelecing kangkung khas setempat. Selain itu tidak jauh dari lokasi juga telah berdiri beberapa hotel dan homestay. “Wisatawan bisa menginap di hotel dan homestay yang tidak jauh dari pantai Elak Elak” ujar Aji.

Selain itu pokdarwis juga telah menyiapkan paket paket liburan untuk wisatawan domestik dan mancanegara. Pilihan dalam paket tersebut beragam salah satunya untuk fasilitas tidur bisa berupa camping menggunakan tenda atau menginap di kamar hotel atau homstay.

Wilayah Sekotong Barat juga memiliki pulau pulau kecil yang menarik dikunjungi seperti Gili Nanggu, Gili Kendis,  Gili Tangkong dan Gili Sudak “Kita dapat berwisata sambil berenang bersama ikan dan menikmati indahnya terumbu karang” ucap Aji.(*)

 

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed