by

Bersepeda Gunung di Bornong Bike Park

AIKMEL – Dusun Sempur Daya Desa Aik Prapa Aikmel Lombok Timur terletak dua jam perjalanan dari kota Mataram. Di dalam hutan kawasan Rinjani tersebut kini ada Bornong Bike Park yang dibuat oleh komunitas pemuda konservasi yang dipimpin oleh Hamzan Wadi alias Rete, 37 tahun.

Bornong Bike Park dibuka sejak 2019. Sempat macet setahun gegara musim hujan. Mulai Agusuts 2021 lalu dibuka lagi. Untuk mendatangi Bornong, jaraknya sekitar tujuh kilometer ke arah utara dari tikungan jalan raya nasional Aikmel.

Sesampainya di gapura Bornong, sepeda mereka yang hendak masuk diangkut oleh mobil pickup pengelola untuk diangkut ke atas sebagai titik start trek. Nantinya, dari ujung ditururnkannya sepeda tersebut, dimulai jelajah hingga ke gapura masuk sebagai titik finish. Dari gerbang itu, mereka akan diangkut (loading) ke atas ongkosnya Rp 5 ribu. Untuk registrasi pembiayan adminsitrasi jasa trek Rp 10 ribu, parkir roda 4 Rp 5 ribu, dan jasa penitipan roda 2 Rp 2 ribu.

Di dalam hutan yang berisi pohon sonokeling, mahoni, minden yang tampak lestari mereka membuat jalur atau trek bersepeda di dalam area seluas 10 hektar selebar satu meter memanjang sejauh  4,5 kilometer.dari dalam hutan tersebut hingga gapura masuk. ‘’Tanjakannya tidak terlalu tajam, sekitar 45 derajat,’’ kata Rete, Senin 7 Pebruari 2022 pagi.

Tantangannya, di jalur trek bersepeda tersebut ada roll coaster seperti jalan yang turunan curam. Kemudian ada mainan di dalam trek wall ride seperti dinding yang miring 80 derajat, Berem papan (pundukan miring) ada 20 titik, ada dua table top seperti tempat mereka lompat, dan satu drop off atau tempat mereka terbang dan lima drop biasa.

Salah seorang pegiat sepeda gunung Adhar Hakim yang sehari-hari Kepala Perwakilan Ombudsman Nusa Tenggara Barat, Ahad 6 Pebruari 2022 lalu menjajal jalur tersebut. Ia bersama 28 orang rekannya dari Mataram. ‘’Bukit Bornong ini  di hutan , sekitar kaki Rinjani. Tidak terlalu ekstrism,’’ ujarnya.

Sebelumnya, ia bersepeda di Bukit Cacing dan Bukit Korea di Kabupaten Lombok Barat dan Hutan Selelos di Kabupaten Lombok Utara. Lainnya trek Rinjani, Rempek, Bukit Saolin yan merupakan perkampungan Budha di Pemenang.

Ketua Badan Promosi Pariwisata Daerah Kabupaten Lombok Timur Muhammad Nursandi mengatakan lembaganya terus berikhtiar dengan segala kemampuan terus dapat mempromosikan destinasi. ‘’Apalagi sport tourism itu akan semakin banyak pilihan para wisatawan yang akan datang mengexsplor Lombok Timur,’’ ucapnya,

Ia mengklim destinasi di Lombok Timur paling banyak dan paling lengkap dibanding sepuluh kabupaten kota di Nusa Tenggara Barat.(*)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

News Feed