by

Banyak Event Internasional, Investor Asing Menjajaki Sumbawa

MATARAM – Potensi alam Teluk Saleh, Moyo dan Gunung Tambora atau Samota yang berada di pulau Sumbawa menjadi daya tarik investasi setelah kehadiran Kejuaraan Dunia MotoCross Grand (MXGP) yang akan berlangsung di Sirkuit Samota, Sumbawa Besar, 24 – 26 Juni 2022.

Menurut Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Satu Pintu Nusa Tenggara Barat (DPMPST NTB) Mohammad Rum, terdapat kawasan seluas 680.725 hektar yang bisa dipilih sebagai kawasan pengembangan investasi. ‘’Beberapa investor asing sudah datang,’’ katanya, Senin 13 Juni 2022 malam.

Mereka diantaranya yang berasal dari Polandia dan Amerika Serikat menginginkan investasi di bidang pariwisata. Mereka sudah melirik kawasan pulau wisata Gili Petagan, Gili Kapal, Gli Bidara, Gili Kendo, Gili Ngali. Investor tersebut sudah ada yang melakukan nota kesepahaman (mou), survey lahan bahkan melakukan detail engineering design hingga analisa mengenai dampak lingkungan. ‘’Investasinya Rp 400 miliar hingga Rp 2,5 triliun,’’ ujarnya.

Rata – rata mereka ingin membangun resort atau hotel yang letaknya di pulau pulau kecil atau gili dan beberapa lokasi yang berbatasan dengan pantai termasuk view pegunungan. Kemudian ada juga terkait sektor energi khusus nya energi baru terbarukan seperti pembangkit listrik tenaga surya dan pembangkit listrik tenaga bayu atau lainnya, yang juga diminati adalah investasi di sektor pertambangan, pertanian dan peternakan.

Tahun 2022 ini dan ke depannya dikatakan oleh Mohammad Rum merupakan tahun-tahun keberuntungan bagi NTB. Hal ini menjadi harapan akan bangkitnya geliat ekonomi terlebih dengan adanya MXGP.  Setelah itu, juga adanya World Super Bike di sirkuit Mandalika dan adanya triathlon Ironman yang merenangi laut di pantai Malimbu, bersepeda Senggigi – bypass Bandara Internasional Lombok – Senggigi dan lari di kawasan wisata Senggigi yang ditargetkan diikuti 1.300 orang peserta.

Adanya MXGP ini, Mohammad Rum mengajak tiga pilar untuk saling bahu-membahu dari seluruh masyarakat, dunia usaha dan pemerintah untuk sukseskan gelaran ini. Karena ini semata-mata untuk memancing investasi di daerah NTB termasuk adanya efeck domino terhadap pertumbuhan ekonomi yang terus berjalan. ‘’Saya yakin MXGP ini akan terjadi perputaran uang yang cukup signifikan yang muaranya untuk peningkatan ekonomi masyarakat setempat,” ucap Rum.

MXGP tinggal menghitung hari pelaksanaan MXGP telah menjadi pemantik bagi para investor untuk menjajaki kemungkinan pengembangan investasi di kawasan yang membentang dari Sumbawa ke Dompu.(*)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

News Feed