by

Bank Indonesia Cetak Generasi Unggul Melalui Program Beasiswa

MATARAM – Sebagai wujud komitmen dalam mencetak Sumber Daya Manusia (SDM) yang unggul dan berdaya saing untuk Indonesia Maju, Bank Indonesia (BI) hingga tahun 2023 telah memberikan beasiswa kepada 11.655 mahasiswa dari 123 Perguruan Tinggi Negeri (PTN) dan 64 Perguruan Tinggi Swasta (PTS) serta 28 Sekolah Menengah Kejuruan (SMK). Sejalan dengan visi beasiswa Bank Indonesia, yaitu menghadirkan program beasiswa agar dapat memfasilitasi pengembangan modal intelektual dan memberikan kontribusi positif dalam proses transformasi masyarakat secara berkelanjutan.

Sejak tahun 2012 hingga 2022, Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi NTB telah menyalurkan 1.690 beasiswa kepada mahasiswa di Nusa Tenggara Barat yang terdiri dari Universitas Mataram, Universitas Islam Negeri Mataram, Universitas Samawa, Universitas Hamzanwadi, Universitas Qamarul Huda Badaruddin Bagu, Universitas Bumigora, dan Universitas Pendidikan Mandalika. Penyerahan beasiswa ini merupakan bagian dari fokus utama program Dedikasi untuk Negeri dalam pengembangan kapasitas SDM Unggul dan memiliki kepedulian sosial yang tinggi serta mampu berperan dalam pemberdayaan masyarakat.

Pada Bulan Maret tahun 2023, Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi NTB kembali membuka ratusan beasiswa kepada mahasiswa di 7 universitas di NTB dengan bantuan biaya pendidikan senilai Rp12jt/tahun untuk 1 penerima beasiswa. Adapun Pembukaan Program Beasiswa BI Provinsi NTB diawali dengan pelaksanaan Roadshow Sosialisasi Beasiswa Bank Indonesia yang telah dilaksanakan secara langsung dan dalam jaringan pada tanggal 8 s.d 10 Maret 2023. Sosialisasi tersebut mendapatkan antusiasme yang tinggi, tercermin dari total kehadiran peserta sosialisasi yang mencapai hingga hampir 3.000 mahasiswa.

Calon penerima beasiswa yang telah mendaftar nantinya akan diseleksi melalui dua tahapan, yakni tahap seleksi administratif dan seleksi wawancara. Bank Indonesia akan memilih 50 (lima puluh) mahasiswa penerima beasiswa Bank Indonesia dari setiap universitas. Para mahasiswa ini tidak hanya akan menerima  beasiswa namun berbagai pelatihan dan kegiatan dalam komunitas bernama Generasi Baru Indonesia (GenBI). Para penerima beasiswa tersebut juga wajib berperan aktif, mengelola dan mengembangkan komunitas GenBI. Dengan wadah GenBI tersebut diharapkan dapat meningkatkan kapasitas individu yang unggul dan berdaya saing.(*)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed